29 Juli 2009

Foke Imbau Warga Tak Gunakan Listrik Berlebihan

Rabu, 29/07/2009 18:52 WIB
Foke Imbau Warga Tak Gunakan Listrik Berlebihan
Novi Christiastuti Adiputri - detikNews
Jakarta - Kebakaran semakin marak terjadi di beberapa wilayah di ibukota Jakarta beberapa bulan terakhir. Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo pun mengimbau masyarakat untuk lebih memperhatikan penggunaan listrik.

"Kalau kita pelajari lebih lanjut ini kan diperkirakan asal muasalnya karena arus pendek. Jadi seharusnya masyarakat semakin memahami bahwa arus pendek akibat kelalaian manusia itu bisa terjadi dimana saja, di rumah kita sendiri juga bisa," ujar Gubernur DKI Jakarta, Fauzi Bowo kepada wartawan di Gedung Balaikota, Jl Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Rabu (29/7/2009).

Foke, yang merupakan panggilan akrab Fauzi Bowo, meminta masyarakat untuk tidak menggunakan peralatan listrik secara berlebihan. Penggunaan yang tidak cocok dengan kapasitas dan yang melebihi daya listrik, lanjut dia, pasti berakibat pada terjadinya hubungan arus pendek atau korsleting.

"Satu stop kontak digunakan untuk banyak peralatan, hal seperti ini banyak terjadi di masyarakat, dimana-mana. Kalo ada overheating kan langsung terbakar,"ucap dia.

Dikatakan dia, penggunaan listrik memiliki standarisasi, yaitu standar industri untuk peralatan listrik. Masyarakat, lanjut dia, memerlukan standarisasi untuk keamanan mereka sendiri karena kalau sudah terjadi seperti ini kemungkinan berakibat fatal justru semakin mudah.

Menurut dia, semua kasus kebakaran yang terjadi di ibukota dari laporan polisi hampir semua disebabkan karena arus pendek. "Menurut saya semua karena penggunaan peralatan listrik yang tidak sesuai standar industri," kata dia.

Selain itu, Foke juga menyampaikan rasa prihatinnya dan turut berbelasungkawa atas kebakaran yang terjadi baru-baru ini di Kawasan Tebet, Jakarta Selatan dan menelan korban empat orang tewas.

"Saya prihatin atas terjadinya kebakaran kemarin. Saya menyampaikan dukacita kepada keluarga yang menjadi korban," tutur dia.

(nvc/rdf)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar