29 Juli 2009

Puluhan Gubuk Liar di Penjaringan Terbakar

Puluhan Gubuk Liar di Penjaringan Terbakar

Selasa, 28 Juli 2009 | 16:42 WIB

TEMPO Interaktif, Jakarta - Kebakaran kembali terjadi di Jakarta. Kali ini kebakaran menghanguskan puluhan gubuk liar di pinggir Kali Muara Karang, Jalan Raya Pluit Selatan, Penjaringan, Jakarta Utara. Lokasi kebakaran berada diseberang kuil Shiva Mandhir.

Menurut saksi mata bernama Rohman, 32 tahun, kebakaran terjadi sekitar pukul 13.00 WIB. "Saya tadi lagi makan didepan, dari arah belakang api langsung membesar," katanya. Api dengan cepat melahap permukiman liar tersebut karena gubuk sebagian besar terbuat dari kayu, triplek, dan kardus sehingga mudah terbakar. Api juga gampang membesar karena banyak barang bekas seperti kardus dan botol minuman bekas yang dikumpulkan di situ. "Angin juga cukup kencang," katanya. Permukiman ini ditinggali oleh sekitar 100 Kepala Keluarga yang hampir semuanya adalah pemulung dan pengepul barang bekas.

Warga pun bahu-membahu memadamkan api dengan menggunakan air yang berasal dari kali yang tepat berada disamping permukiman. Sekitar setengah jam kemudian, mobil pemadam kebakaran tiba dilokasi. Namun, api sudah melahap habis isi permukiman itu. Menurut Taufik, petugas pemadam kebakaran Jakut, pihaknya mengirim 14 mobil pemadam kebakaran. Tak ada korban jiwa dalam kebakaran ini.

Warga masih sempat menyelamatkan sebagian barang berharga mereka, seperti televisi, kulkas, dan sejumlah pakaian. "Sisanya habis karena api cepat sekali," kata Rohman. Sekarang, warga masih mencari sisa barang berharga yang barangkali masih dapat dipakai. Penyebab pasti kebakaran belum diketahui. "Tapi ada yang bilang gara-gara rokok," kata Rohman.

SOFIAN



Tidak ada komentar:

Posting Komentar