23 Juli 2009

Pembangunan Rumah Layak Huni Swadaya Mencapai 3,7 Juta Unit

Pembangunan Rumah Layak Huni Swadaya Mencapai 3,7 Juta Unit  

Rabu, 22 Juli 2009 | 18:18 WIB

TEMPO Interaktif, Bandung - Kementerian Negara Perumahan Rakyat optimistis pembangunan Rumah Layak Huni Swadaya Masyarakat yang ditargetkan 3,6 juta terlampaui menjadi 3,7 juta unit pada akhir 2009. 

"Karena banyak perusahaan yang menyalurkan dana coorporate sosial responsibility untuk pembangunan rumah layak huni," kata Menteri Perumahan Yusuf Ashari saat meninjau pembangunan rumah layak huni swadaya di Kecamatan Marga Asih, Bandung, Jawa Barat, Rabu (22/7).  

Pemerintah memberikan subsidi pembangunan sekitar Rp 3 juta sampai Rp 5 juta per rumah. Ia mengingatkan, rencana pembangunan perumahan ini harus memperhatikan ketersediaan listrik, air, dan sertifikat tanah. "Pemerintah Daerah jangan hanya selesai di pembangunan fisik," kata Yusuf.

Kepala Dinas Perumahan Tata Ruang dan Kebersihan Kabupaten Bandung Indra Martono menegaskan, di wilayahnya paling tidak ada sekitar 2 ribu rumah tidak layak huni. Tahun ini pihaknya baru merehabilitasi sekitar 616 rumah dengan dana Rp 2,5 miliar.

"Pemerintah dan kementerian juga sedang membangun 2 twin blok rumah susun sewa yang akan dialokasikan bagi para pekerja yang masih yang belum menikah," ujarnya.  

ALWAN RIDHA RAMDANI


Tidak ada komentar:

Posting Komentar