19 Mei 2009

Warga Penghuni Pinggir Rel Tuntut Solusi

Warga Penghuni Pinggir Rel Tuntut Solusi
Jumat, 15 Mei 2009 21:34 WIB     
Penulis : Heryadi Sarodji

JAKARTA--MI: Warga penguni hunian liar di sepanjang jalur rel kereta api (KA) Tanjung Priok-Kota dan Tanjung Priok-Senen menuntut solusi dari pemerintah, tidak hanya mengusir mereka. Sementara itu, sejumlah warga telah membongkar bangunan mereka sendiri.

Tokoh masyarakat RW 07 Kelurahan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Sudjadi, Jumat (15/5)  mengatakan di wilayahnya ada sekitar seratus bangunan yang menggunakan lahan rel. ''Setelah adanya surat edaran yang dikeluarkan oleh PT KA, kini warga yang menempati sisi rel telah melakukan pembongkaran sendiri,'' jelasnya.

Sejauh ini sudah ada tiga rumah yang telah dibongkar oleh penghuninya sendiri, yaitu rumah milik Welem, Casdi dan Buyung.Kesadaran warga itu dilakukan mengingat lahan yang selama ini dimanfaatkan akan digunakan oleh pemiliknya. Disamping itu, katanya, kalau dibongkar sendiri material bangunan dapat digunakan kembali.

Namun, dikatakanya, banyak juga warga yang berharap pemerintah memberikan solusi bagi warga rel yang nantinya akan ditertibkan, seperti dipermudah untuk mendapatkan rumah susun dengan biaya yang lebih murah.

''Harapan warga memang seperti itu agar pemerintah memberikan rumah susun seperti penertiban di kolong tol. Tetapi, diharapkan juga tanpa uang muka dan biaya bulanan yang lebih ringan mengingat kebanyakan dari mereka adalah pekerja kasar dan pemulung,'' ujarnya

Sebelumnya, Kabag Sarana Perkotaan Jakarta Utara, Heru Budi Hartono, mengatakan walaupun mereka melanggar peraturan tetapi mereka tidak boleh diabaikan begitu saja. ''Sebab masalah ini telah dibicarakan di tingkat menteri,'' jelasnya.

Menurut pendataan yang dilakukan Bagian Sarana Perkotaan Jakarta Utara dan PT KA, di sepanjang tepian rel di kedua jalur tersebut terdapat sebanyak 1032 bangunan liar yang berdiri terlalu dekat dengan rel. Sebanyak 740 diantaranya di sepanjang jalur Stasiun Tanjung Priok- Senen, dan 292 lainnya di sepanjang rel jalur Stasiun Tanjung Priok- Jakarta Kota. (Hde/OL-03

)http://www.mediaindonesia.com/read/2009/05/05/74878/38/5/Warga_Penghuni_Pinggir_Rel_Tuntut_Solusi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar