13 Mei 2009

Turun Dari Pesawat, TKI NTB Diisolasi di RSU Mataram

Selasa, 12/05/2009

Kusmayadi - detikNews

Mataram - Seorang TKI NTB berinisial S (27) yang baru tiba dari Malaysia melalui Bandara Selaparang, Mataram, harus diisolasi dan berada dalam pengawasan ketat tim dokter RSU Mataram. TKI asal Desa Sengkol, Kecamatan Pujut, Lombok Tengah ini dicurigai terjangkit flu babi.

"Statusnya kita tengah investigasi. Belum suspect. Kita mesti mengisolasi. Ini langkah preventif. Tapi dari ciri-cirinya, kita mencurigai flu babi. Apalagi dia datang dari luar negeri," kata Salim Thaib, Ketua Tim penanganan penyakit Flu Babi dan Flu Burung RSU Mataram, Selasa (12/5/2009).

Alat pemindai suhu tubuh di terminal kedatangan internasional Bandara Selaparang, mendeteksi suhu tubuh TKI NTB ini di atas suhu rata-rata normal. Petugas kesehatan bandara lantas memeriksa yang bersangkutan dan melarikan ke RSU Mataram.

"Saat dibawa dari bandara menuju RSU Mataram, keluarganya sempat menolak, namun kita tidak bisa memberi toleransi. Setelah kita periksa, suhu tubuhnya mencapai 39 derajat celcius. Jauh di atas suhu tubuh normal,'' terang Salim.

Pemeriksaan sementara, S menderita flu dengan panas tubuh tinggi. Dokter juga menemukan gejala penyakit Infeksi Saluran Pernapasan Atas atau ISPA. Kepada tim dokter, sehari sebelum bertolak dari Bandara Internasional di Kualalumpur, S mengaku sempat demam dengan suhu panas tubuh yang tinggi.

"Sesuai prosedur, kita memberikan obat Tami Flu yang memang untuk penderita yang dicurigai terkena flu babi dan flu burung," ujar Salim.

S kini dirawat di ruang Flamboyan kamar 237 RSU Mataram. Ruang ini adalah ruang isolasi yang khusus disiapkan untuk penderita flu burung dan penderita flu babi.

Ruang ini diisolasi dari pasien lain di RSU. Tidak ada siapapun yang dibolehkan mendekat. Termasuk dari pihak keluarga. Dokter pun yang hendak memeriksa yang bersangkutan mesti menggunakan pakaian khusus sesuai prosedur penanganan pasien flu burung dan flu babi.

(djo/djo)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar