14 Mei 2009

Kepala Bappenas: Target Menurunkan Kemiskinan Gagal/Tak Terpenuhi

Kepala Bappenas: Target Menurunkan Kemiskinan Gagal/Tak Terpenuhi

Posted in Berita Utama by Redaksi on Maret 7th, 2009

Jakarta (SIB)
Kegagalan pemerintah memenuhi target penurunan angka kemiskinan yang diungkap Kepala Bappenas Paskah Suzeta, menjadi bumerang pemerintahan SBY.
"Akan menjadi tradisi sehat bagi demokrasi jika presiden berani mengumumkan kegagalannya memenuhi janji," kata Direktur Lembaga Pemilih Indonesia (LPI) Boni Hargens, Kamis (5/3).
Menurutnya, Jika Seorang pemimpin gagal memenuhi target yang dibuatnya, dia seharusnya malu mencapreskan lagi.
"Budaya ini lahir karena pemilih sudah berani berkata, katakan tidak pada pemimpin yang gagal penuhi janjinya," tandasnya di Jakarta.
Kementerian Negara Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) dalam rapat kerja dengan Dewan Perwakilan Daerah (DPD) pada Selasa lalu (3/3), mengatakan target menurunkan kemiskinan tahun 2009 di angka 8,2% tak terpenuhi. Pemerintah hanya mampu menurunkan pada kisaran 12-13,5%.
Menurut Boni, saat ini yang terjadi justru tradisi sebaliknya yakni tradisi klaim keberhasilan pemerintah. Jika keberhasilan itu faktual karena inovasi dan kerja keras pemerintah, tentu harus diapresiasi. "Tapi sayang, itu klaim bukanlah keberhasilan yang sesungguhnya."
Dia lalu menyebutkan, penurunan harga BBM karena harga minyak dunia turun mencapai 75%, tapi pemerintah hanya menurunkan 25%. Anggaran Pendidikan di APBN 2009 sebesar 20%, merupakan kewajiban konstitusional yang harus dilakukan pemerintah siapa pun.
"Harga sembako murah, justru ini paling tidak terbukti." tandasnya. (PK)


http://hariansib.com/2009/03/kepala-bappenas-target-menurunkan-kemiskinan-gagaltak-terpenuhi/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar