07 Mei 2009

Bulan Ini, TKI Sudah Bisa ke Jordania Lagi

Kamis, 7 Mei 2009 |

JAKARTA, KOMPAS.com — Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Erman Suparno mengatakan, sejauh ini pemerintah masih menghentikan untuk sementara pengiriman tenaga kerja Indonesia (TKI) ke Jordania dan Kuwait.

Karena itu, pemerintah lewat Departemen Tenaga Kerja dan Trasmigrasi mengancam bakal mencabut izin Perusahaan Jasa TKI (PJTKI) yang kedapatan tetap mengirimkan TKI ke Jordania dan Kuwait hingga pemerintah memutuskan untuk membuka pengiriman kembali.

Sebagaimana diketahui, sejak akhir Maret pemerintah telah menghentikan pengiriman TKI ke Jordania dan Kuwait lantaran dilakukan pendataan ulang mengenai data TKI di kedua negara tersebut.

Erman Suparno menjelaskan, pengiriman ke dua tujuan penempatan TKI tersebut bakal kembali dibuka oleh pemerintah bila nota kesepahaman alias MOU kerja sama bilateral dengan dua negara dimaksud telah ditandatangani. "Untuk yang Jordania sepertinya bisa ditandatangani setelah tanggal 20 Mei 2009," sambungnya.

Dengan demikian, bila benar MOU tersebut diteken pada bulan ini, maka pengiriman TKI ke Jordania dapat dimulai lagi bulan depan.

Sementara itu, untuk pengiriman TKI ke Kuwait, Erman mengatakan, MOU-nya saat ini masih dalam tahap perumusan oleh tim kedua negara. (Martina Prianti/Kontan)




Tidak ada komentar:

Posting Komentar