03 Mei 2009

3 Rumah di Tebet Terbakar

3 Rumah di Tebet Terbakar

SP/Luther Ulag

Seorang ibu duduk termenung di sisa-sisa kebakaran di RT 05/07 Kelurahan Kebon Baru, Kecamatan Tebet, Jakarta Selatan, Sabtu (18/4) pagi. Kebakaran yang diduga karena hubungan arus pendek listrik tersebut menghanguskan tiga rumah dan tidak ada korban jiwa.

[JAKARTA] Tiga rumah di permukiman padat penduduk RT 05 RW 07 Kelurahan Kebon Baru, Kecamatan Tebet, Jakarta Selatan hangus terbakar pada Sabtu (18/4) sekitar pukul 04.30 WIB. Walaupun tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini, sebagian harta benda milik penghuni rumah dipastikan habis ikut dilalap api.

"Api mulai membesar sekitar pukul 05.00 WIB tadi dari lantai dua rumah kontrakan. Kebetulan kita sudah bangun dan segera lari ke luar rumah sambil teriak ada kebakaran," kata Leni, salah satu warga yang rumahnya ikut terbakar.

Leni menuturkan, penghuni rumah kontrakan yang bernama Viktor tidak bisa berbuat banyak setelah melihat api yang sudah membesar di ruangannya. Dia segera berlari menuruni tangga dan memberitahukan Yaya, pemilik rumah, kalau lantai dua rumahnya sudah terbakar.

"Setelah mengetahui kamarnya terbakar, Viktor langsung turun dan memberitahu H Yaya. Warga sekitar yang melihat ada api juga langsung berteriak," ucap Leni.

Tidak beberapa lama kemudian, api yang sudah membesar dari lantai dua langsung merembet ke tiga rumah di bawahnya. Setelah mendapatkan laporan, untuk memadamkan api, petugas Dinas Kebakaran DKI langsung menuju lokasi kebakaran dengan menurunkan tidak kurang 13 unit mobil pemadam kebakaran.

"Untuk memadamkan api, kita turunkan 13 mobil pemadam kebakaran. Sekitar pukul 05.30 WIB, kami sudah tiba di lokasi," kata Widodo, petugas pemadam kebakaran yang ikut memadamkan api.

Widodo menambahkan, untuk sementara pihaknya menduga penyebab kebakaran karena terjadi arus pendek listrik (korsleting) dari lantai dua. Tidak ada korban jiwa dalam kebakaran kali ini, karena penghuni rumah sudah berhasil menyelamatkan diri sebelum api membesar.

"Walaupun api merambat dengan cepat ke rumah lain, tidak ada korban jiwa. Seluruh penghuni rumah berhasil menyelamatkan diri sebelum api membesar. Dugaan sementara kami penyebab kebakaran karena terjadi korsleting di lantai dua rumah H Yaya," ucap Widodo.

Sekitar pukul 06.30 WIB, para petugas dinas kebakaran berhasil memadamkan api. Untuk sementara, beberapa orang termasuk pemilik rumah sudah dimintai keterangan untuk penyelidikan lebih lanjut mengenai kepastian penyebab kebakaran. [YRS/U-5]


Last modified: 18/4/09
http://202.46.159.139/indeks/News/2009/04/18/index.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar