03 September 2009

TKW Tulungagung Tewas Dianiaya Majikannya

26 Agustus 2009


Tulungagung, CyberNews. Indri Mulyati seorang Tenaga Kerja Wanita (TKW) asal Desa Notorejo, Kecamatan Gondang, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur, tewas setelah dianiaya majikanya di Saudi Arabia.

Suryanto, suami korban mengaku mendapat kabar duka tersebut dari teman kerja istrinya di Saudi Arabia. Ia mendapat kabar duka itu pada hari Senin (24/8) sekitar pukul 10:00 WIB. "Keluarga dihubungi teman istri saya yang juga bekerja di sana (Saudi Arabia) yang mengatakan istri saya telah meninggal dunia," katanya di rumah duka, Rabu.

Ia mengaku belum mengetahui persis penyebab kematian istrinya yang baru sekitar tiga bulan bekerja di sana. Namun, dari keterangan yang ia peroleh, dua hari lalu istrinya disiksa majikannya hingga meninggal.

Suryanto juga mengatakan sudah berupaya mencari informasi tentang keberadaan istrinya serta kabar yang menyebutkan ia meninggal di sana, dengan menghubungi langsung perusahaan pengerah jasanya, PT. Kemuning Bunga Sejati di Rawamangun, Jakarta. "Mereka mengaku belum mengetahuinya, sehingga saya pun bingung harus bagaimana," kata Suryanto mengeluh.

Ia mengatakan, istrinya itu berangkat kerja sekitar tiga bulan lalu. Ia bekerja sebagai pembantu rumah tangga pada majikan bernama Al Amai Hamdaedh Al Syamri yang beralamat di kota Al Jubeil, Saudi Arabia.

Sementara itu, Kepala Desa Notorejo, Mustakim mengaku sudah berupaya mencari informasi ke Deplu maupun ke KBRI, namun hingga kini belum ada hasilnya. Pihaknya berharap pemerintah membantu mencarikan informasi tentang warganya yang dikabarkan meninggal tersebut. Ia juga berharap, penyebab kematianya juga diusut tuntas.

Kepala Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Tulungagung, Bangun Hermanto berjanji akan menindaklanjuti laporan yang menyebutkan salah seorang TKI dari Tulungagung meninggal. "Kami akan berupaya mencari informasi tentang hal tersebut," kata Bangun berjanji.  

( Ant / CN13 )


Tidak ada komentar:

Posting Komentar