02 September 2009

Pengiriman TKI ke Kuwait dan Yordania Dihentikan Sementara

September 2, 2009


SETIABUDI (Pos Kota) - Pemerintah memutuskan menutup sementara pengiriman Tenaga Kerja Indonesia (TKI) di Yordania dan Kuwait, karena banyak kasus TKI yang belum diselesaikan .


"Untuk Kuwait, saya sudah sampaikan langsung penutupan sementara penempatan TKI ke negara tersebut kepada Dubes Kuwait dua hari lalu," kata Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Erman Suparno, kemarin.


Pemanggilan dubes tersebut, menurut Erman, untuk menginformasikan bahwa pemerintah Indonesia menutup sementara hingga proses pemulangan semua TKI bermasalah di Kuwait.


Depnakertrans melansir terdapat 506 orang TKI bermasalah di Kuwait, dan 404 orang TKI di Yordania. Masih terdapat ribuan TKI lain di negara penempatan lainnya. "Saya minta ditutup saja dulu sampai masalah selesai," ujarnya.


Duta Besar Kuwait, kata dia, sempat meminta untuk penutupan sementara ditunda hingga November. "Tapi saya tidak mau, saya ingin selambatnya, akhir September bisa diselesaikan pemulangan semua TKI di sana," tutur Erman.


Duta Besar Kuwait berjanji untuk melaporkan ke pemerintahnya terkait permintaan pemerintah Indonesia.


Penempatan TKI di Yordania, lanjutnya, juga telah disepakati ditutup meski MoU sudah ditandatangani. "Untuk kasus di Yordania, 120 orang sudah dipulangkan," ujarnya. Ratusan TKI lain sedang dalam proses hukum karena bekerja secara ilegal. (tri/B)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar