03 September 2009

Kiriman TKI di Kebumen Capai Rp 95 Juta/Hari

02 September 2009

Kebumen, CyberNews. Mendekati hari raya Idul Fitri, jumlah pengiriman uang yang berasal dari para Tenaga Kerja Indonesia (TKI) melalui jasa Western Union di Kantor Pos Kebumen mengalami peningkatan. Rata-rata jumlah yang masuk mencapai Rp 95 juta per hari. Diperkirakan pengiriman uang dari TKI terus meningkat hingga menjelang Lebaran.

"Memang pada bulan Ramadan seperti pasti meningkat. Puncaknya nanti pada H-5 menjelang Lebaran," kata Kepala Kantor Pos Kebumen, Purgiyanto kepada Suara Merdeka, Rabu (2/9).

Menurut dia, tahun ini pengiriman uang melalui Western Union mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya. Tahun 2008 transaksi sebanyak 8.727 kali dengan nominal uang Rp 23,3 miliar. Sedangkan, hingga bulan Agustus 2009 kiriman masuk sudah mencapai Rp 23 miliar dengan jumlah transaksi sebanyak 8.614 kali.

"Pengiriman uang paling banyak berasa dari TKI," ujar mantan Kepala Kantor Pos Grobogan tersebut.

Pengiriman uang melalui jasa Western Union di Kantor Pos, iumbuh dia mulai diminati TKI asal Kebumen. Hal itu dikerenakan selain mudahnya pengambilan juga prosesnya mudah dan cepat. Meskipun dikirim dari luar negeri, jarak waktu kirimnya hanya sekitar 30 menit.

Purgi menjelaskan, jasa pelayanan dari PT Pos ini juga bisa diakses melalui Kantor Pos di tiap-tiap kecamatan. Di Kantor Pos Cabang yang ada di kecamatan juga telah melakukan pelayanan secara online. "Pelayanan on-line ini bisa untuk membayar rekening listrik, telepon, dan pelayanan kredit lainnya," jelasnya.

Hesti (24) salah satu keluarga TKI asal Desa Kemujan, Kecamatan Adimulyo mengaku sering menggunakan jasa pelayanan Western Union di Kantor Pos untuk menerima kiriman uang dari pamannya yang bekerja di Malaysia. Menurut dia, pelayanan Western Union di Kantor Pos lebih mudah dan cepat.

"Hanya menunjukkan tanda bukti penerima langsung bisa dicairkan," imbuhnya.

( Supriyanto / smcn )


Tidak ada komentar:

Posting Komentar