13 Mei 2009

Besok, Puluhan Ribu Calon TKI Tes Bahasa Korea

Jumat, 8 Mei 2009

JAKARTA, KOMPAS.comSebanyak 41.756 orang calon TKI akan mengikuti tes kemampuan berbahasa Korea secara serentak di berbagai perguruan tinggi, Sabtu (9/5). Tes ini dilakukan sebagai syarat bekerja di Korea Selatan.
    
Direktur Pelayanan Penempatan Pemerintah Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan TKI (BNP2TKI) Wayan Mandi dalam siaran pers di Jakarta, Jumat, menyatakan, setiap calon TKI wajib mengikuti tes bahasa Korea.
    
Tes akan berlangsung di Universitas Pancasila (Jakarta), Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (Cirebon), Universitas Muhammadiyah (Surakarta), Universitas 17 Agustus (Surabaya), IKIP Mataram, dan Universitas Hasanuddin (Makassar).
    
Kepala BNP2TKI Moh Jumhur Hidayat dijadwalkan menyaksikan secara langsung pelaksanaan tes itu di Universitas Muhammadiyah (Surakarta). Pelaksanaan tes itu juga diawasi Pusat Bahasa Korea dari Human Resources Development of Korea.
    
Menurut Wayan Mandi, dalam tes itu akan dilihat kemampuan berkomunikasi calon TKI dengan bahasa Korea dalam kehidupan sehari-hari.
    
Peserta yang lulus dalam tes itu, katanya, adalah yang mendapat nilai mulai 80 sampai 200. Menurut dia, meskipun para peserta telah lulus bahasa Korea bukan berarti mereka bisa langsung diterima bekerja di Korea Selatan karena masih ada persyaratan lain, seperti kesehatan dan kelengkapan dokumen.


ABI
Sumber : Ant

Tidak ada komentar:

Posting Komentar