07 September 2009

Puluhan TKI Bermasalah Tiba di Tanah Air

Abdul Rosyid

04/09/2009
Liputan6.com, Tangerang: Sebanyak 68 tenaga kerja Indonesia (TKI) yang bermasalah di Yordania tiba di Tanah Air, Jumat (4/9). Para TKI tiba di Bandar Udara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, dengan diantar langsung Duta Besar Republik Indonesia untuk Yordania, Zainulbahar Noor, serta Direktur Jenderal Perlindungan TKI dan Badan Hukum Indonesia Teguh Wardoyo.

Para TKI bermasalah dalam hal habis masa kontrak, kabur dari majikan, dan menjadi korban penganiayaan. Di antara mereka, juga ada yang membawa enam bayi. Departemen Luar Negeri serta Kedutaan Besar Yordania membenarkan masalah para TKI itu. Sedangkan soal TKI yang memiliki bayi, diduga yang bersangkutan lolos tes urine saat hendak diberangkatkan ke negara tujuan. Bayi-bayi itu ada juga yang diduga hasil hubungan gelap dengan pasangan warga setempat atau menjadi korban perkosaan.

Ke-68 TKI ini merupakan sebagian dari 400 TKI bermasalah yang kini ada di penampungan di Kedubes Republik Indonesia di Yordania. Rencananya, dalam waktu dekat ada pemulangan susulan.(BOG/VIN)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar