09 Juni 2009

Warga Stren Kali SARAP Kembali Geruduk Kantor Dewan

Surabaya - Warga stren kali yang digusur kembali melakukan aksi protes. Kali ini protes dilakukan sekitar 200 warga stren kali yang tergabung dalam Solidaritas Rakyat Anti Penggusuran (SARAP) di gedung DPRD Surabaya.

Aksi ini dilakukan gabungan warga dari stren kali Barata Jaya, Bratang Gede dan Kampung Baru. Mereka menuntut agar anggota dewan segera bertindak tegas dan cepat menggunakan hak interplasinya menghentikan penggusuran yang dilakukan Pemkot Surabaya.

"Kita sengaja datang ke sini untuk mendesak bapak dewan yang terhormat untuk segera bertindak tegas terhadap pemkot yang bertingkah sewenang-wenang," ujar koordinator aksi, Suwarsito di sela-sela aksi di halaman gedung DPRD Surabaya, Jalan Yos Sudarso, Jumat (29/5/2009).

Selain berorasi, mereka juga bernyanyi bersama dengan lirik-lirik sindiran Pemkot Surabaya yang terus melakukan penggusuran. Warga juga mendeadline anggota dewan untuk segera keluar dan bergabung dengan aksi warga.

"Saya mohon kepada anggota dewan untuk segera keluar. Jika tidak kita yang akan masuk dan akan menginap di dalam," teriak salah satu warga.

Selain berorasi, mereka juga membawa berbagai poster berisi tuntutan dan sindiran aksi penggusuran. Diantaranya: "Bambang DH Wanted", "Satpol PP Dilarang Masuk Stren Kali", "Satpol PP Binatang Jahanam".

Sementara mengantisipasi kerusuhan dan kericuhan, ratusan petugas Samapta dari Polres Surabaya Selatan diturunkan bersenjata tameng dan pentungan. Mereka berjaga di depan pintu masuk dengan membentuk pagar manusia.

(ze/fat)

http://surabaya.detik.com/read/2009/05/29/111759/1139185/466/warga-stren-kali-sarap-kembali-geruduk-kantor-dewan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar