09 Juni 2009

Rumah Liar di Bantaran Kali Gendong Segera Dibongkar


JAKARTA--MI: Ratusan rumah liar di RW 06 dan 09 yang berada bantaran Kali Gendong, Cakung Drain, Cilincing, Jakarta Utara akan dibongkar.

"Kami akan memberi batas waktu untuk warga penghuni di bantaran kali Gendong, sampai 21 Juli mendatang," kata Kabag Sarana Kota Setko Jakarta Utara, Heru Budiartono, di Jakarta, Senin (8/6).

Rencananya, bantaran kali Gendong akan dinormalisasi dengan cara  dikeruk untuk mengurangi kemungkinan banjir dan luapan air dari bantaran Kali Cakung Drain. Namun saat ditanyai mengenai uang ganti rugi atau kerohiman, dengan tegas Heru mengatakan, dalam penertiban bangunan liar di dua RW tersebut, tidak ada anggaran untuk kerohiman sebab proyek Drainase Kali Gendong, dilakukan langsung oleh dinas Pekerjaan Umum (PU) DKI Jakarta.

Sedangkan Wakil Lurah Cilincing, M Mujakir mengatakan belum tahu kapan batas akhir warga untuk membongkar rumahnya.  "Saya hanya sudah tahu adanya rencana pengerukan di wilayah Kali Gendong," ujar Wakil Lurah Cilincing tersebut.

Diakui Mujakir, warga liar yang menghuni bantaran kali Gendong sudah ada sejak tahun 2000.  "Dulu sih bangunannya baru ada 15 unit. Tapi makin lama, makin banyak. Padahal Kelurahan sudah beberapa kali memberikan surat peringatan dan perintah untuk membongkar bangunan liar tersebut," tegas Mujakir.

Akibat pendangkalan kali Gendong, wilayah Cilincing dan sekitar Kali Gendong terendam air di musim hujan setinggi 50 sentimeter. Namun untuk itu, Mujakir pun berharap sebelum dilakukan pembongkaran, alangkah baiknya dinas PU memberikan surat kepada kelurahan agar memberitahu kepada warga tentang batas waktu pembongkaran.

"Kami baru diajak rapat untuk pembongkaran. Belum tahu kapan batas akhir warga untuk mendirikan bangunan," keluhnya lagi.

Sosialiasi perintah bongkar, katanya, seharusnya dilayangkan tiga kali. Setelah itu, jika penghuni tidak juga membongkar sendiri bangunannya, maka barulah dilakukan pembongkaran paksa. (Ant/OL-06)

http://www.mediaindonesia.com/read/2009/06/06/78834/36/5/Rumah-Liar-di-Bantaran-Kali-Gendong-Segera-Dibongkar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar