03 Juni 2009

Ilegal Atau Tidak, Pemerintah Siap Bantu 9 TKI

Jumat, 29/05/2009
Supermarket di Malaysia Runtuh

Amanda Ferdina - detikNews

Jakarta - Sembilan TKI menjadi korban saat sebuah supermarket di Malaysia rubuh tiba-tiba. Pemerintah dipastikan akan membantu TKI tersebut, apa pun statusnya.

"Kita tidak melihat formal atau tidak, kita melihat mereka Warga Negara Indonesia," ujar Menakertrans Erman Suparno di kantornya, Jl Gatot Subroto, Jakarta, Jumat (29/5/2009).

Meski begitu, lanjut Erman, pihaknya akan mencari tahu terlebih dahulu dengan cara apakah ke-9 TKI tersebut berangkat ke Malaysia. Apakah melalui Pelaksana Penempatan Tenaga Kerja Indonesia Swasta (PPTKIS) atau perseorangan.

Jika berangkat tidak sesuai prosedur, Erman memastikan akan memperjuangkan hak mereka dari kewajiban pemilik gedung yang rubuh. Dengan peristiwa ini, menurut Erman, pemerintah dapat saja mempertanyakan mengenai penyebab rubuhnya gedung tersebut.

"Ini kecelakaan kerja terjadi di negara lain, tentu kita punya hak untuk menuntut atau meminta kepada owner gedung tersebut sesuai aturan di negara Malaysia," pungkasnya.

Sembilan TKI menjadi korban robohnya supermarket di Malaysia yang terjadi Kamis (28/5) sekitar pukul 16.15 waktu setempat. Dua orang tewas akibat kejadian ini.

Bekas bangunan Jaya Supermarket itu terletak di Seksyen 14, Petaling Jaya. Gedung itu sebenarnya merupakan bangunan yang kosong dan sedang dalam proses pembongkaran.

(mok/nrl)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar