09 Juni 2009

Farida, Korban Trafficking di Irak Pulang ke Tanah Air

Selasa, 26/05/2009

Muhammad Taufiqqurahman - detikNews

Jakarta - Farida Binti Darjito (29) seorang pembantu rumah tangga (PRT) migran Indonesia yang menjadi korban trafficking di Irak akan kembali ke Indonesia.

Rencananya, Farida akan tiba Indonesia pada pada hari Selasa, 26 Mei 2009, pukul 16.45 WIB. Hal ini berdasarkan rilis yang diterima detikcom dari Migran CARE, Selasa (26/5/2009).

Keberangkatan Farida untuk bekerja ke luar negeri melalui mekanisme resmi dengan negara tujuan Abu Dhabi. Namun, Farida yang berangkat ke Abu Dhabi pada bulan Maret 2007 itu, kemudian dikirimkan ke Irak tanpa informasi yang jelas dari pihak PJTKI maupun agency di Abu Dhabi bahwa Irak merupakan negara konflik dan bukan merupakan negara tujuan bagi TKI.

Pulangnya Farida ke Indonesia, menjadi pengingat bagi pemerintah Indonesia bahwa masih banyak PRT migran Indonesia yang hingga saat ini masih terjebak dalam situasi konflik di Irak dan harus segera dipulangkan ke Indonesia.

Migrant CARE juga mendesak kepada aparat penegak hukum untuk segera mengusut tuntas pihak-pihak yang terlibat dalam keberangkatan Farida, hingga terjebak ke negara konflik Irak dan juga segera menyelesaikan proses hukum terhadap 13 orang PRT Migran Indonesia yang telah dipulangkan dari Irak sebelumnya.

(fiq/rdf)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar