09 Juni 2009

73 Persen Kios Pasar Ciputat tidak Berpenghuni

kamis, 4 Juni 2009

TANGERANG--MI:
Sebanyak 73 persen atau 950 dari 1.300 kios yang berada di Pasar Ciputat, Kota Tangerang Selatan, Banten, kini dalam keadaan kosong karena para pedagang lebih memilih berjualan di bahu jalan.

"Kita telah melakukan berbagai upaya dalam bentuk imbauan, dan mengundang rapat agar para pedagang mau menempati kios yang disediakan. Namun upaya tersebut tetap saja tidak membuahkan hasil," kata Kepala Pasar Ciputat Odih Dupriyatna, Rabu (3/6).

Para pedagang banyak yang menempati ruas bahu jalan sepanjang Jalan Aria Putra, dan di sekitar trotoar Jalan Dewi Sartika. Karena ruas jalan dipakai pedagang, menyebabkan kesemrawutan, dan kemacetan  di jalan-jalan sekitar Pasar Ciputat.

Menurut Odih, agar pedagang mau pindah ke kios yang disediakan tidak cukup dengan imbauan. "Mereka perlu digiring agar pindah, dan perlu upaya untuk melengkapi sarana dan prasarana di pasar,"  katanya.

Ditanya apakah diperlukan tindakan tegas, Odih mengatakan saat ini bukan zamannya lagi untuk melakukan tindakan tegas. Dia menyebutkan banyak faktor yang menyebabkan masih kosongnya kios Pasar Ciputat  seperti kurangnya sarana dan prasarana, dan struktur pengelola pasar yang masih terpisah.

"Ibarat disuruh pindah ke rumah baru, kalau sarana di rumah tersebut tidak lengkap, kita tentu tidak akan pindah," katanya.

Odih mengatakan di Pasar Ciputat perlu dibangun beberapa tangga agar akses menuju lantai II dan III lebih mudah. Selama ini, akses tersebut menjadi kendala bagi pembeli dan para pemilik kios.

Selain itu, di Pasar Ciputat juga tidak ada tempat parkir dan tempat pembuangan sampah.  Akibatnya, kendaraan diparkir memakan badan jalan. Sementara itu, sampah, dibuang dan di tumpuk di depan kios.

Karena itu, Odih mengusulkan ke depan untuk dibangun tangga, tempat pembuangan sampah sementara (TPS), dan tempat parkir. Menyangkut struktur pengelola pasar, dia mengakui adanya pemisahan antara pengelola pasar, kebersihan, dan keamanan, menyebabkan kendala dalam koordinasi.

"Tiga unit tersebut mestinya satu atap, dan tidak dipisahkan. Hal ini bisa dilihat pada pengelolaan pasar tradisional di Jakarta yang ditangani PD Pasar Jaya," katanya. (Ant/OL-03)

http://www.mediaindonesia.com/read/2009/06/06/78020/38/5/73-Persen-Kios-Pasar-Ciputat-tidak-Berpenghuni

Tidak ada komentar:

Posting Komentar