08 Juni 2009

Dua Jam, 42 Rumah Ludes Terbakar di Surabaya


Rabu, 03 Juni 2009

TEMPO Interaktif, Jakarta: Sebanyak 42 rumah yang dihuni 50 keluarga atau 275 jiwa ludes terbakar dalam kebakaran yang terjadi Rabu (3/6) dini hari tadi.

Dari pantauan Tempo, kebakaran yang terjadi di kawasan jalan Wonokusumo Kidul No 29 Rt 02/ Rw 06 kelurahan Pegirian, Semampir ini tergolong dasyat karena membuat seluruh bangunan yang mayoritas semi permanen ini rata dengan tanah.

Sunarto, salah satu korban kebakaran menuturkan, kebakaran terjadi sekitar pukul 02.30 dan hanya berselang dua jam sudah menghanguskan 42 rumah di kawasan padat penduduk itu. "Semula api dari rumah pak Jumingat, di rumah itu listrik memang sering konslet," kata Sunarto.

Karena jarak rumah yang berhimpitan, api dari rumah Jumingat yang hanya ditinggali dua orang anak lelakinya ini langsung menyambar rumah-rumah disekitarnya. "Tujuh unit PMK kita turunkan, tapi api terlalu cepat," kata Candra Oratmanung, Kepala Bidang Perlindungan Masyarakat Surabaya.

Cepatnya api menjalar juga disebabkan adanya sebuah industri rumahan percetakan buku yang ada tepat di depan rumah Jumingat.

Sementara itu, untuk menampung warga, pemerintah Surabaya siang ini memasang tiga tenda darurat untuk menampung korban kebakaran. "Kita juga sediakan makanan, minuman dan MCK untuk mereka," tambah Candra.

Untuk memastikan penanganan korban kebakaran, Wakil Walikota Surabaya Arif Afandi langsung mendatangi lokasi. "Saat ini kita prioritaskan tanggab darurat," kata Arif. Dihadapan warga, Arif hanya bisa meminta untuk tetap bersabar sambil sesekali mencoba menghibur dengan guyonan-guyonan khasnya.

ROHMAN TAUFIQ


http://www.tempointeraktif.com/hg/nusa/2009/06/03/brk,20090603-179647,id.html

1 komentar: