08 Juni 2009

14 Rumah Terbakar di Laubuluh Karo, 1 Warga Tewas

T Karo (SIB)
Rasta Sitepu (60) suami Bunga Malem Br Ginting warga Desa Laubuluh Kecamatan Kutabuluh, Karo, Minggu (7/6) dinihari tewas terbakar setelah terjadi kebakaran beberapa rumah di desa tersebut. Akibat kebakaran yang belum diketahui pasti penyebabnya pukul 02.00 WIB dini hari, Minggu (7/6) membuat 7 rumah habis terbakar, 7 rumah lainnya sebagian terbakar dan 3 rumah lagi terpaksa dirusak warga.
Hal itu dikatakan Kepala Desa Laubuluh, Santos Peranginangin dan warga Harta Milala kepada SIB, Minggu (7/6) dinihari melalui telepon selulernya.
Rumah yang habis terbakar, sebagian terbakar dan dirusak, di antaranya milik, Tarip Peranginangin, Selamat Peranginangin, Rahmat Pinem, Firman Sitepu, Riston Ginting, Sarikat Ginting, Takson Sembiring dan lainnya.
Ditambahkan kepala desa, mobil pemadam kebakaran yang tiba sekitar pukul 03..00 WIB dari Kabanjahe tidak bisa berbuat banyak sebab, api telah dipadamkan warga secara manual. "Akibat kebakaran tersebut, 1 rumah milik Cirem Br Ginting mengalami kerugian cukup besar. Rumahnya penuh berisi barang-barang elektronik dan alat medis, ujarnya.
"Korban Rasta Sitepu sempat dibantu warga dari kepungan api keluar dari rumahnya yang ikut terbakar. Tapi korban yang selama ini dalam keadaan sakit dan sebagian tubuhnya terbakar meninggal setelah sempat dievakuasi warga dari rumahnya. Hari ini (maksudnya Minggu 7/6-red) korban dikebumikan," kata kepala desa menambahkan.
1 Rumah di Munthe Terbakar
Di tempat terpisah, Sabtu (6/6) sekitar pukul 14.00 wib, kebakaran juga terjadi di Desa Munte Kecamatan Munte, Karo membuat 1 rumah milik Pelita Tarigan berdinding papan dan atap seng hangus terbakar. Sedangkan 1 kios milik Simtar Milala dirusak warga untuk mengantisipasi api tidak mengenai rumah lainnya.
Menurut warga yang dihubungi SIB, menyebutkan, api diduga berasal dari kompor. Kerugian ditaksir ratusan juta, sedangkan mobil kebakaran milik Pemkab Karo atas kejadian tersebut datang setelah api dapat dipadamkan warga, tambah Piter Ginting, warga setempat.
Kapolsek Kutabuluh AKP J Simanjuntak dan Kapolsek Munte AKP Enos Lase yang dikonfirmasi SIB, Minggu (7/6) melalui telepon selulernya, membenarkan kejadian tersebut. Kerugian ditaksir ratusan juta sedangkan sumber api masih dalam penyelidikan. (M37/p)
http://hariansib.com/2009/06/14-rumah-terbakar-di-laubuluh-karo-1-warga-tewas/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar