24 Februari 2009

TKI Asal Sumbar Harus Berbasis Keahlian

Propinsi | Selasa, 24/02/2009 22:37 WIB

TKI Asal Sumbar Harus Berbasis Keahlian

Padang , (ANTARA) - Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Sumbar melalui Kepala Bidang Penempatan, Zulkifli N mengatakan proses pengiriman TKI dari Sumbar ke luar negeri akan diperketat agar tenaga kerja yang dikirim lebih berkualitas.

Hal itu dikatakan Zulkifli N kepada antara-sumbar.com, Selasa(24/2).

Lebih lanjut, Zulkifli mengatakan, TKI yang dikirimkan tersebut harus mengetahui bahasa negara tujuan, mempunyai disiplin kerja yang tinggi dan paham budaya setempat karena jika hal ini tidak dimiliki maka akan sulit menyesuaikan diri dengan lingkungan.

"Ke depan para calon TKI harus memeliki sertifikasi keahlian di bidang tertentu, misalnya keahlian menjahit, membordir dan bertukang karena Depnakertrans tidak hanya mengirim untuk pembantu rumah tangga tapi tenaga kerja profesional pada bidangnya," katanya.

Lanjutnya, ada tiga persyaratan yang harus dipenuhi oleh TKI yang akan dikirim ke luar negeri, diantaranya mempunyai pengetahuan yang luas, mempunyai keahlian pada bidang tertentu dan mempunyai etika kerja yang baik. Hal itu bertujuan agar tenaga kerja tesebut lebih produktif.

Keberadaan TKI di luar negeri sangat menguntungkan karena usaha sektor rill akan meningkat, pendapatan negara naik dan pengangguran berkurang, paparnya.

Terkait dengan pemulangan TKI dari negara Malaysia merupakan dampak krisis global yang melanda negara tersebut. Keputusan itu juga akan dilakukan ketika Indonesia mengalami hal serupa, kata Zul mengakhiri.

http://www.antara-sumbar.com/id/index.php?mod=berita&d=1&id=17043

Tidak ada komentar:

Posting Komentar