19 Februari 2009

Diduga Tak Sesuai Prosedur, PJTKI Digerebek

20/02/2009 05:49 - TKI
Diduga Tak Sesuai Prosedur, PJTKI Digerebek

Liputan6.com, Tangerang: Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia menggerebek penampungan TKI milik PT Gasindo Buala Sari di Ciledug, Tangerang, Banten, Kamis (19/2). Penggerebekan dilakukan menyusul laporan masyarakat atas kaburnya sejumlah TKI dari penampungan tersebut.


Petugas mendapati 70 calon TKI yang sedang berada di sejumlah ruangan. Wajah calon TKI tampak lebih muda dari usia mereka. Dari pemantauan SCTV, penampungan terlihat kotor dan kurang layak. Hawa juga terasa panas karena kurangnya ventilasi serta lokasi menjemur pakaian yang sempit.


Pihak BNP2TKI mencurigai penggerebekan bocor. Sebelumnya ia berkoordinasi dengan polisi tapi penggerebekan justru tidak diizinkan. Menurut BNP2TKI pelanggaran di penampungan itu adalah memberangkatkan TKI ke luar negeri meski cuma sebagai kantor cabang. Kantor pusat PJTKI ini ada di Palembang.


Awal Januari silam, 11 TKI kabur dari penampungan tersebut karena tak tahan diperlakukan tak manusiawi seperti ditampar dan diberi makanan basi. Saat dikonfirmasi, Kepala Cabang PT Gasindo Buala Sari, Indriyani membantah adanya penyiksaan. Ia justru menduga hal itu karena persaingan antar-PJTKI.(YNI/Abdul Rosyid)


http://www.liputan6.com/news/?id=173163&c_id=2

Tidak ada komentar:

Posting Komentar