22 Februari 2009

Ditinggal Ibu Kawin Lagi, Komar Alami Gizi Buruk Minggu, 22 Februari 2009 - 15:42 wib

Ditinggal Ibu Kawin Lagi, Komar Alami Gizi Buruk

Minggu, 22 Februari 2009 - 15:42 wib


BREBES - Seorang pasien gizi buruk, Komar (9,5), warga Desa Kluwut RT 2 RW 15, Kecamatan Bulakamba, Brebes, menjalani perawatan intensif di bangsal Anak RSUD Brebes, Jawa Tengah.

Kondisi korban cukup memprihatinkan karena berat badannya di bawah normal hanya 9 kg jauh di bawah anak seusianya sekitar 20kg. Selain itu, kondisi kulit tubuhnya kering dan keriput serta pandangan matanya nanar.

Menurut nenek korban, Waryonah (60), tanda-tanda gizi buruk yang diderita cucunya itu sudah tercium sejak usia tujuh bulan. Komar diketahui sering didera berbagai penyakit mulai sakit panas, pilek, hingga batuk-batuk.

"Penyakitnya macam-macam, saya sendiri sampai bingung memeriksakan ke dokter karena tidak punya uang cukup. Sedangkan, ibunya (Sumarni) sudah tidak mau mengurus karena sudah punya suami lagi setelah ditinggal mati suaminya (Arif Zulkarnaen)," kata Waryonah, Minggu (22/2/2009).

Akibat keterbatasan ekonomi itu, Komar jarang mendapat asupan makanan bergizi. Itu diakui Waryonah yang mengaku jarang membeli susu untuk cucunya karena tidak memiliki cukup uang.

"Uangnya tidak ada untuk beli susu, terpaksa dia (Komar) hanya saya kasih teh manis. Saya terkadang pinjam ke tetangga, tapi jarang ada yang mau meminjami uang," tutur Waryonah yang mengaku bekerja serabutan ini.

Dia menjelaskan, gizi buruk yang dialami Komar baru diketahui setelah dibawa ke Puskesmas Kluwut. Di sana, adik kandung Kusriyati (13), itu sempat dirawat satu hari sebelum dirujuk ke RSUD. "Dokter bilang cucu saya kena gizi buruk," katanya.(Kastolani/Sindo/hri)


http://news.okezone.com/index.php/ReadStory/2009/02/22/1/195160/ditinggal-ibu-kawin-lagi-komar-alami-gizi-buruk

Tidak ada komentar:

Posting Komentar