26 Februari 2009

Sumbar Kirim TKI Hanya ke Malaysia dan Brunei

Propinsi | Rabu, 25/02/2009 13:08 WIB

Sumbar Kirim TKI Hanya ke Malaysia dan Brunei

Padang, (ANTARA) – Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Sumbar melalui Kepala Bidang Penempatan dan Pengembangan, Zulkifli N SE, mengatakan untuk penggirim Tenaga Kerja Indonesia (TKI), Sumbar hanya mengirim ke Malaysia dan Brunei Darussalam.

Permintaan tenaga kerja asal Sumbar setiap tahun terjadi peningkatan. Hal ini disebabkan karena kedua negara merupakan satu rumpun, satu ras, satu agama dengan orang Minang.

TKI Sumbar umumnya berkerja pada perusahaan sebagai operator dan perusahaan elektronik. Sebelum berangkat, semua tenaga kerja yang akan diberangkatkan diberi pelatihan dan pembekalan bagaimana cara etika dalam bekerja, kata Zulkifli kepada antara-sumbar.com, kemarin.

Di Malaysia, jumlah tenaga kerja asal Sumbar sebanyak 9.000 orang. Tersebar di provinsi bahagian negara Malaysia. Kelebihan posisi kerja dari tenaga kerja asal Sumbar, mereka tidak ditempatkan pada pekerjaan kasar seperti pembantu rumah tangga dan buruh perkebunan.

Kata dia, untuk Negara Brunei Darussalam, pengiriman terhenti pada tahun 2003, akibat belum ada MoU baru. Pada tahun 2007 baru ada penanda tangganan MOU lanjutan.

"Negara Brunei sangat makmur, dan perusahaan di daerah tersebut tidak terlalu banyak," kata Zulkifli.

Selain ke dua negara tersebut, Pemprov tidak melakukan kerja sama. Hanya kerjasama magang ke Negara Jepang dan Korea.

Untuk pengiriman TKI keluar negri, ada lembaga yang menggurus keberangkatannya. Lembaga keberangkatan seperti Perusahaan Penyalur Jasa Tenaga Kerja Indonesia (PPJTKI) setiap tahunnya mengirimkan tenaga kerja ke luar negeri, kata Zulkifli. (cpw3,cpw10/wij).

http://www.antara-sumbar.com/id/index.php?mod=berita&d=1&id=17071

Tidak ada komentar:

Posting Komentar