26 Februari 2009

Angka Trafficking Terus Meningkat

JAKARTA --- Kasus trafficking atau perdagangan manusia di Indonesia menunjukkan tren yang terus meningkat. Berdasarkan paparan Badan Reserse dan Kriminal Markas Besar Polri saat Rapat Koordinasi di Menteri Koordinator Kesejahteraan di Jakarta, Kamis (26/2), tercatat dari tahun 2004 hingga 2008 terus meningkat.

''Sampai saat ini kasus trafficking memang terus meningkat,'' kata Wakil Kepala Bareskrim Mabes Polri, Irjen Pol Hadiatmoko, kepada wartawan. Kenaikan signifikan terjadi antara tahun 2006 hingga 2007. Jika pada tahun 2006 tercatat 84 kasus maka pada 2007 menjadi 177 kasus. Sedangkan untuk tahun 2008 tercatat 199 kasus..

Untuk menangani kasus perdagangan manusia ini,pemerintah di bawah koordinasi Menko Kesra telah membuat gugus tugas pusat dan daerah dalam pencegahan dan penanganan tindak pidana perdagangan manusia sesuai Perpres No.69 tahun 2008. Sebagai tindak lanjut pencegahan terhadap perdagangan manusia yang sudah berlangsung selama lima tahun,pemerintah kembali berkomitmen dalam dalam implementasi rencana aksi nasional 2009-2013 berkaitan dengan hal ini.

''Program memang sudah terlaksana sejak lima tahun lalu meski masih ada hambatan.Tapi karena kasus semakin meningkat dan permasalahan semakin kompleks maka kami berkomitmen kembali mensolitkan bidang yang terkait,'' jelas Menko Kesra,Aburizal Bakri saat jumpa pers. Gugus tugas meliputi Departemen Hukum dan HAM, Departemen Sosial,Departemen Pendidikan Nasional dan Kementrian Negara Pemberdayaan Perempuan. fia/ism

http://www.republika.co.id/berita/34141/Angka_Trafficking_Terus_Meningkat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar