26 Februari 2009

218 Keluarga TKI Ikut Transmigrasi

SUARA PEMBARUAN DAILY

218 Keluarga TKI Ikut Transmigrasi

[JAKARTA] Lokasi transmigrasi Simanggaris, Kabupaten Nunukan, Kalimantan Timur dihuni sekitar 620 keluarga, 218 keluarga diantaranya merupakan eks TKI asal Tawau, Malaysia. Kini, para transmigran, yang kebanyakan berasal dari Nusa Tenggara Timur (NTT) dan Nusa Tenggara Barat (NTB) itu, bekerja di perkebunan sawit di lokasi transmigrasi.

"Para eks TKI yang pernah bekerja di Malaysia sangat antusias menyambut program transmigrasi ini. Bahkan, mereka meminta saya selaku Mennakertrans memperjuangkan agar lahan di kawasan transmigrasi dapat diperluas dan dikembangkan," kata Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Erman Suparno, kepada SP, lewat telepon dari Nunukan, Kalimantan Timur, Kamis Rabu (25/2).

Sepanjang Rabu itu, Erman bersama rombongan meninjau lokasi transmigrasi Simanggaris, yang berbatasan langsung dengan Malaysia. Erman mengatakan, salah satu langkah nyata yang telah dilakukannya adalah menempatkan eks TKI Malaysia untuk ikut program transmigrasi di kawasan perbatasan tersebut.

Erman Suparno bertekad mengembangkan program transmigrasi di kawasan perbatasan dan pulau-pulau terluar di seluruh Indonesia. Hal ini dilakukan untuk menegakkan kedaulatan bangsa dan negara dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) serta memberdayakan potensi sumber daya alam bagi kesejahteraan masyarakat transmigran dan masyarakat lokal di sekitar lokasi transmigrasi.

"Kawasan perbatasan dan pulau-pulau terluar yang dimiliki Indonesia harus tetap kita jaga kedaulatannya agar tidak diincar dan diklaim oleh negara lain. Oleh karena itu, saya akan menggalakkan program transmigrasi di wilayah-wilayah itu, yang kebanyakan kondisinya tertinggal dan terbengkalai agar dapat dimanfaatkan secara optimal," kata Erman.

Dengan adanya program transmigrasi di kawasan perbatasan ini, tambah Menakertrans, diharapkan bisa menjadi salah satu solusi untuk menampung TKI asal Malaysia yang terkena PHK akibat krisis ekonomi global. "Dengan mengikuti pelatihan yang diselenggarakan Depnakertrans, para eks TKI itu bisa dilatih untuk menambah keahlian ataupun alih profesi, sehingga mereka tidak perlu pulang ke kampung halamannya," kata Menakertrans.

Dalam kunjungannya kerjanya ke lokasi transmigrasi Simanggaris, Erman mengadakan dialog langsung dengan transmigran dan meninjau sekolah bagi anak-anak transmigran. [E-8]


Last modified: 26/2/09

Tidak ada komentar:

Posting Komentar