19 November 2009

Ratusan Rumah di Jakarta Barat Dibongkar



Rabu, 18 November 2009

TEMPO Interaktif, Jakarta - Pemerintah Jakarta Barat membongkar ratusan bangunan di atas saluran air di Kembangan Utara, Rabu (18/11). Pembongkaran itu untuk mengembalikan fungsi saluran air.

Petugas gabungan itu berasal dari Suku Dinas Pekerjaan Umum Tata Air, Polisi Pamong Praja, Kepolisian, dan TNI. Bangunan yang berada di atas saluran air dibongkar dengan eskavator.

Meski tak melawan aksi aparat itu, namun sejumlah warga menangis karena rumahnya dibongkar. Pemerintah sebelumnya telah mengingatkan warga untuk membongkar sendiri rumahnya.

Camat Kembangan, Muhammad Andi, mengatakan sekitar 300 bangunan berada di atas saluran air yang menyebabkan saluran air menyempit. Semula lebar saluran air sepanjang satu kilometer yang membentang dari pemukiman penduduk ke Kali Angke itu mencapai empat meter, namun kini lebarnya hanya dua meter.

Sebagian warga merespons positif dengan membongkar sendiri bangunan miliknya. Namun, sebagian lainnya tidak mau membongkar rumahnya.

Pemerintah Jakarta Barat telah membongkar bangunan di atas saluran air yang berada di Tamansari, Grogol, Petamburan, Cengkareng, Tambora, dan Kembangan. Pembongkaran saluran air lainya ditargetkan selesai Desember mendatang.

KURNIASIH BUDI


Tidak ada komentar:

Posting Komentar