08 November 2009

Dikeroyok Massa, 5 Petugas Satpol PP Babak Belur

okezone
Jum'at, 6 November 2009

BOJONEGORO - Nahas dialami lima anggota Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Pemkab Bojonegoro. Saat hendak merazia penambang pasir ilegal, petugas ini malah dikeroyok orang yang diduga warga Desa Mojorejo, Ngraho, Bojonegoro. Akibatnya lima anggota Satpol PP babak belur.

Aksi pengeroyokan itu pun kini ditangani Polsek Ngraho. Lima korban sudah diperiksa untuk keperluan penyidikan. Kelima anggota satpol tersebut di antaranya Ridwan (44), Aris Purnomo (26), Taufik Efendi (46), Anang Kurnianto (42), dan Joko Prasetyo (23).

Informasi yang diperoleh, Jumat (6/11/2009), awalnya belasan anggota Satpol PP mengendarai tiga unit kendaraan patroli berencana melakukan razia penambang pasir ilegal di Dusun Gilingan, Mojorejo, Kecamatan Ngraho.

Tapi belum sempat mereka mendekati sungai Bengawan Solo, mereka tiba-tiba didatangi sekira 200 orang tidak dikenal. Ratusan warga itu langsung mengepung belasan anggota satpol PP tersebut. Tanpa banyak bicara mereka melempari anggota dengan mengunakan batu dan kayu. Akibatnya, belasan anggota satpol tersebut lari berhamburan meninggalkan lokasi. 

Akibat serangan yang tidak terduga dan posisi yang tak menguntungkan, lima anggota satpol babak belur. Mereka mengalami luka-luka di beberapa bagian tubuh akibat lembaran batu dan kayu. Mereka lalu dilarikan ke rumah sakit untuk mendapatkan pertolongan.

Kasatreskrim Polres Bojonegoro AKP Suprapto membenarkan adanya kejadian pengeroyokan ini. Menurut dia, polisi masih memeriksa sejumlah saksi untuk mengungkap motif penyerangan tersebut. "Kasus tersebut masih dalam penyelidikan kami," katanya.

Penyerangan oleh para penambang pasir liar di Bengawan Solo, sebenarnya bukan kali ini saja. Sebelumnya, pada Sebtember lalu sejumlah petugas Satpol PP juga gagal saat hendak merazia penambang pasir liar di Desa Mojoagung, Kecamatan Soko Tuban. Mereka tiba-tiba dikepung 250 orang dan menolak menghentikan aktivitas tambang. Padahal, saat itu razia gabungan dari Satpol PP Tuban, Bojonegoro, Polri dan TNI. (Nanang Fahrudin/Koran SI/teb)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar