27 Januari 2009

Umi Saodah Berhasil Dikeluarkan dari Gaza

23/01/2009 13:38 wib - Internasional Aktual


Jakarta, CyberNews. Migrant CARE mendesak Pemerintah Indonesia untuk segera mengambil langkah-langkah kongkrit untuk pemulangan Umi Saodah ke Indonesia. Umi Saodah, kini telah berhasil dievakuasi ke KBRI Kairo Mesir.


Umi Saodah, PRT migran asal Dusun Tlawongan, RT 6/5 Karang Tengah, Tuntang, Semarang, terjebak di Jalur Gaza Palestina selama masa agresi Israel. Sebelum berhasil di evakuasi, Umi Saodah sejak November 2008 di penjara di Saraya Reform and Rehabilitation Center di Gaza City atas tuduhan pencurian terhadap perhiasan majikannya.


Sejak 6 Januari 2009, seluruh tahanan di Saraya Reform and Rehabilitation Center dikosongkan oleh otoritas Palestina karena Israel telah memblokade jalan-jalan menuju penjara tersebut. Umi Saodah juga telah keluar dari penjara tersebut dan keberadaannya belum bisa dipastikan.


Pada tanggal 23 Januari 2009 lalu, Umi Saodah telah melakukan komunikasi melalui telepon sebanyak dua kali dengan pihak keluarganya yang berada di Salatiga. Umi Saodah mengabarkan bahwa dia berada di kantor polisi di jalur Gaza dan tetap berkeinginan untuk kembali ke rumah majikan guna menagih gajinya yang selama 5 tahun belum dibayarkan.


Hari ini, 23 Januari 2009, Umi Saodah telah dievakuasi dari jalur Gaza oleh KBRI Kairo Mesir atas kerja sama dengan Otoritas Palestina, Hamas, pemerintah Mesir, Palang Merah Palestina dan International Committee of the Red Cross (ICRC).

(MH Habib Shaleh /CN08)


Link: http://www.suaramerdeka.com/beta1/index.php?fuseaction=news.detailNews&id_news=21692


Tidak ada komentar:

Posting Komentar