26 Januari 2009

Kepala BNP2TKI Tandatangani MoU Dengan Tiga Stikes

Sab, Jan 24, 2009


Nasional

Jakarta ( Berita ) : Kepala Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI) Moh Jumhur Hidayat di Jakarta, Jumat [23/01], menandatangani nota kesepahaman (MoU) dengan pimpinan tiga Sekolah Tinggi Kesehatan (Stikes) untuk menyediakan perawat dan pengasuh jompo yang akan bekerja di luar negeri.


Jumhur mengatakan banyak permintaan tenaga kerja formal bidang kesehatan, khususnya tenaga perawat (nurse) dan pengasuh jompo (careworker) dari negara-negara Asia Pasifik, Timur Tengah dan Amerika.


Ia mencontohkan Jepang pada 2008 memberi kuota sebanyak 1.000 perawat dan pengasuh jompo tetapi yang baru bisa dipenuhi sebanyak 208 orang TKI sehingga masih tersedia untuk 792 orang.


Untuk tahun 2009, permintaan tenaga perawat dan pengasuh jompo selain datang dari Jepang, ada dari Hong Kong, Australia, Selandia Baru, AS, Kanada, Kuwait, Yordania, dan negara-negara lain. "Jumlahnya luar biasa besar sehingga perlu kerja keras memenuhi permintaan dari negara-negara tersebu," kata Jumhur.


Untuk memenuhi permintaan yang sangat besar itu, menurut Jumhur, BNP2TKI membuka peluang bagi Stikes menyediakan program pengadaan perawat untuk bekerja sama menyalurkan lulusannya.


Tiga Stikes di Jakarta yang hari itu menandatangani MoU dengan BNP2TKI adalah Lembaga Pelatihan dan Pengembangan (LPP) Matoa, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Pertamedika, dan Akademi Keperawatan Andakara.


Salah satu bunyi MoU itu adalah kerja sama kemitraan yang mencakup peningkatan kapasitas program pendidikan, pelatihan, serta penyiapan kompetensi calon TKI bidang keperawatan dan tenaga profesi kesehatan lainnya. "Dalam MoU, BNP2TKI mendukung penyelenggaraan program pendidikan dan pelatihan calon TKI sedangkan pihak Stikes menyediakan alumni tenaga kesehatan yang telah dididik dan dilatih untuk memenuhi permintaan TKI terampil," kata Jumhur.


Kepala BNP2TKI tetap membuka kesempatan bagi Stikes lain untuk bekerja sama menyediakan calon TKI perawat maupun pengasuh jompo. "Permintaan yang cukup besar tidak mungkin dipenuhi hanya oleh 3 lembaga pendidikan kesehatan. Karena itu kami siap menjalin kerja sama dengan Stikes lain," katanya. ( ant )


Link: http://beritasore.com/2009/01/24/kepala-bnp2tki-tandatangani-mou-dengan-tiga-stikes/


Tidak ada komentar:

Posting Komentar