26 Januari 2009

Setiap Hari Ada Saja TKI Melapor di-PHK

Senin, 26/01/2009 10:45 WIB

Ramdhan Muhaimin - detikNews

Kuala Lumpur - Dampak krisis global terus 'menghantui' negara-negara di dunia. Di Malaysia, dampaknya sudah terasa sejak akhir tahun 2008 lalu, terutama terhadap tenaga kerja Indonesia (TKI) yang bekerja di negeri jiran tersebut.

Bahkan hampir setiap hari selalu ada TKI yang mengadukan nasibnya yang telah di-PHK ke perwakilan Indonesia di Kuala Lumpur.

"Setiap minggu, setiap hari, selalu saja ada TKI yang datang ke KBRI. Mereka melaporkan kalau telah di-PHK oleh perusahaan mereka," ujar Atase Tenaga Kerja KBRI Kuala Lumpur, Teguh Hendro Cahyono saat berbincang dengan detikcom di Kuala Lumpur, Malaysia, Minggu (25/1/2009).

Teguh mengatakan, jumlah TKI yang di-PHK di Malaysia sejak Desember 2008 berdasarkan data KBRI Kuala Lumpur mencapai 3 ribu lebih. Menurutnya, angka tersebut kemungkinan bisa bertambah diatas 5 ribu karena banyaknya TKI yang tidak melapor.

Teguh menjelaskan, sejak krisis ekonomi global semakin besar terasa akhir tahun lalu, sejumlah perusahaan di Malaysia melakukan langkah-langkah penyesuaian. Langkah-langkah tersebut seperti mengurangi jam atau hari kerja, menghentikan atau tidak memperpanjang kontrak kerja TKI yang sudah habis, dan tidak lagi mendatangkan pekerja baru.

"Karena faktor permintaan menurun 10-60 persen. Pengiriman TKI pun sekarang menurun drastis. Terutama untuk kerja di pabrik dan jasa. Kalau ladang relatif lebih stabil," pungkas Teguh. (rmd/nwk)


Link: http://www.detiknews.com/read/2009/01/26/104501/1074261/10/setiap-hari-ada-saja-tki-melapor-di-phk

Tidak ada komentar:

Posting Komentar