28 Januari 2009

TKI di Gaza Pulang Hari Ini

Selasa, 27 Januari 2009 | 06:49 WIB

TEMPO Interaktif, Jakarta: Umi Saodah, tenaga kerja wanita asal Indonesia yang terjebak di Gaza, Palestina, hari ini pulang ke Indonesia. Ia rencananya tiba pukul 13.30 WIB tiba di Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng, Tangerang, Banten, Selasa (27/1).

"Umi akan tiba di Terminal 2 Bandara Soekarno-Hatta dengan pesawat bernomor penerbangan EY-472," Direktur Perlindungan WNI dan Bantuan Hukum Departemen Luar Negeri Teguh Wardoyo kepada Tempo kemarin.

Umi adalah tenaga kerja asal Indonesia yang bekerja pada seorang majikan Palestina selama delapan tahun. Sebelum agresi militer Israel ke Gaza, Umi sempat mendekam di Penjara Saraya, Kota Gaza, karena dituduh mencuri oleh majikannya.

Namun, seiring dengan lumpuhnya Gaza, Umi dikeluarkan dari penjara. Ketika perang berlangsung, ia diamankan di rumah salah satu sipir penjara. Jumat dinihari lalu waktu Indonesia, Umi dapat dievakuasi keluar dari Gaza dan dibawa ke Kedutaan Besar RI di Kairo, Mesir.

Segala tuduhan dan kasus hukum yang menimpa Umi, kata Teguh, telah dicabut. "Umi telah bebas dari segala masalah hukum," kata dia. Paspor untuk pulang sudah dibuatkan. "Namun, gaji belum tahu," ujarnya.

ABDUL MANAN / TITIS / DIANINGSARI


Link: http://www.tempointeraktif.com/hg/nasional/2009/01/27/brk,20090127-157005,id.html


Tidak ada komentar:

Posting Komentar