26 Januari 2009

10 Ribu TKI Diberangkatkan Ke Malaysia

Jum, Jan 23, 2009

Medan ( Berita ) : Pihak Balai Pelayanan, Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BP3TKI) Sumut menargetkan akan memberangkatkan sebanyak 10 ribu TKI ke Malaysia pada tahun 2009.


Kepala BP3TKI Sumut, H. Sumadi di Medan, Jumat [23/01] , mengatakan, pihaknya akan lebih memfokuskan penempatan TKI itu di sektor formal, perusahaan perkebunan dan elektronik.


Untuk mencapai tujuan itu, pihaknya akan melakukan pengetatan terhadap persyaratan calon TKI yang akan diberangkatkan ke negara jiran tersebut. TKI yang tidak memenuhi persyaratan untuk bekerja, tidak akan diberikan izin keberangkatan agar tidak menimbulkan komplain dari perusahaan yang menampungnya. "Berbeda dengan dulu, kalau ada kekurangan sedikit masih dapat dimaklumi dan diberangkatkan," katanya.


Ia menambahkan, secara kuantitas jumlah target pemberangkatan tahun 2009 itu menurun, jika dibandingkan tahun 2008 yang mengirimkan sebanyak 14.377 TKI.


Secara finansial, jumlah penerimaan negara bukan pajak (PNBP) yang akan didapatkan dari pemberangkatan TKI asal Sumut juga akan berkurang.


Namun, kata Sumadi, dari sisi lain, jumlah remiten atau uang kiriman gaji akan bertambah besar karena penggajian TKI juga akan semakin meningkat disebabkan lebih berkualitas.


Untuk merealisasikannya, Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI) bekerjasama dengan Kedutaan Besar RI di Malaysia akan melakukan perundingan dengan Pemerintah Malaysia agar penggajian terhadap TKI itu dapat ditingkatkan. Dengan demikian, pola pengiriman TKI ke luar negeri lebih mementingkan unsur kualitas dari pada kuantitas, katanya. ( ant )


Link: http://beritasore.com/2009/01/23/10-ribu-tki-diberangkatkan-ke-malaysia/


Tidak ada komentar:

Posting Komentar