27 Januari 2009

Belasan Ruko di Pontianak Terbakar

26/01/09 14:00

Pontianak (ANTARA News) - Lebih kurang 15 unit rumah toko (Ruko) di Pasar Jungkat, Kecamatan Siantan, Kabupaten Pontianak, Kalimantan Barat, terbakar pada Senin sekitar pukul 08.00 WIB.

Menurut seorang saksi mata H. Suhri (55), sumber kebakaran diduga berasal dari sebuah rumah makan Padang yang kompor gasnya meledak.

Sebagian besar Ruko yang berbahan kayu itu menyebabkan api cepat membesar dan dalam waktu hanya 30 menit api sudah menghanguskan puluhan ruko.

Besarnya kobaran api memaksa institusi berwenang tidak hanya mengerahkan mobil dan petugas pemadam kebakaran dari Jungkat dan Siantan, tetapi juga mendatangkan puluhan mobil pemadan beserta petugasnya dari Kota Pontianak.

Api baru bisa dipadamkan dua jam kemudian atau sekitar pukul 10.00 WIB. Secara kebetulan di dekat lokasi kebakaran terhadap parit, sehingga petugas tidak kesulitan mendapatkan air untuk memadamkan api.

"Tetapi kami tetap kewalahan karena api sangat cepat membakar seluruh bangunan Ruko yang sebagian besar terbuat dari kayu," kata A Piau, salah seorang petugas pemadam kebakaran.

Kepala Kepolisian Sektor Jungkat, AKP, Antoni Pelamonia, mengatakan, belum bisa memastikan sebab-sebab kebakaran.

"Kita memang mendapat informasi api berasal dari rumah makan Padang, tetapi untuk membuktikannya kita masih memerlukan bukti-bukti lainnya," katanya.

Musibah yang tidak sampai menimbulkan korban jiwa manusia itu telah menyebabkan penghuninya mengungsi ke rumah keluarga atau saudara mereka.

Link: http://www.antara.co.id/arc/2009/1/26/belasan-ruko-di-pontianak-terbakar/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar