28 Januari 2009

Disnaker Sumut Siapkan Program Pelatihan Tenaga Kerja

Sel, Jan 27, 2009


Medan ( Berita ) : Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Sumut menyiapkan beberapa program pelatihan untuk meningkatkan keterampilan dan kualitas tenaga kerja di daerah itu.



Kepala Disnakertrans Sumut, Rapotan Tambunan di Medan, Selasa [27/01], mengatakan, program pertama adalah dengan memfungsikan Balai Latihan Kerja (BLK) milik Disnakertrans Sumut yang berjumlah sembilan unit.


Di tempat tersebut calon tenaga kerja akan diberikan pelatihan sesuai dengan keahlian kerja yang dibutuhkan. Pelatihan juga akan diberikan di BLK-BLK daerah yang dikelola Disnakertrans kabupaten/kota di Sumut.


Kemudian, pelatihan juga dilakukan melalui kerja sama dengan Balai Pelayanan, Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BP3TKI) Sumut, khususnya tenaga kerja yang akan diberangkatkan ke luar negeri.


Pihaknya juga melakukan kerjasama dengan lembaga pelatihan tenaga kerja Jepang dan Malaysia terkait pengiriman calon tenaga kerja ke negara itu yang telah dirintis sejak lama. Selama ini, kata Tambunan, Disnakertrans Sumut telah mengirimkan calon tenaga kerja ke Jepang setiap tahun yang jumlahnya bervariasi.


Disnakertrans Sumut akan mengupayakan agar pengiriman itu dapat dilakukan empat kali dalam setahun, katanya tanpa menyebutkan nama lembaga tenaga kerja Jepang itu. ( ant )


Link: http://beritasore.com/2009/01/27/disnaker-sumut-siapkan-program-pelatihan-tenaga-kerja/


Tidak ada komentar:

Posting Komentar