30 Maret 2009

Mennakertrans Minta TKI Diliburkan Saat Pemilu

SUARA PEMBARUAN DAILY

 27/3/09


[JAKARTA] Menteri Tena-ga Kerja dan Transmigrasi (Mennakertrans) Erman Suparno meminta kepada sejumlah negara, di mana para tenaga kerja Indonesia (TKI) bekerja, agar saat Pemilihan Umum (Pemilu) anggota DPR dan Presiden Indonesia tahun 2009 berlangsung, para TKI diliburkan.


"Saya sudah sampaikan permintaan itu kepada para duta besar negara-negara penempatan TKI. Setiap WNI yang berada di luar negri, harus diberi ruang dan fasilitas untuk menunaikan hak politiknya," kata Erman kepada wartawan, seusai pelantikan pejabat Eselon I di lingkungan Depnakertrans di Jakarta Rabu (25/3).


Erman mengatakan, dalam satu sampai dua hari ke depan, sudah ada laporan terkait dengan keikutsertaan TKI dalam Pemilu 2009.


"Yang jelas, Malaysia sudah ada laporannya, demikian juga Hong Kong, tapi negara-negara penempatan lain belum ada. Tapi, para Atase Ketenagakerjaan sudah saya minta untuk mencatat dan melaporkannya," kata Erman


Menurut Erman, sampai saat ini, di Malaysia telah tercatat 900.000 TKI sudah mendaftar untuk ikut pemilu. Sedangkan di Hong Kong dari 450.000 orang TKI, yang telah terdaftar 300.000 orang.


"Masih ada waktu sampai menjelang tanggal 9 April nanti bagi TKI untuk mendaftarkan diri. Saya masih menunggu laporan lengkapnya. Tapi yang paling penting, saya minta pengamanan, ruang, dan kesempatan dalam melaksanakan Pemilu 2009," kata Erman. [E-8]




Tidak ada komentar:

Posting Komentar