24 Maret 2009

2 Pasien Gizi Buruk Dirawat di RS Aloei Saboe

Kamis, 15 Januari 2009

Kompas.com

GORONTALO, KAMIS — Dua pasien yang menderita gizi buruk masing-masing Putri Ibrahim (2), warga Kota Gorontalo, dan Sultan Tanaijo, warga Kabupaten Gorontalo Utara, dirawat di Rumah Sakit Aloei Saboe.
 
Kedua balita tersebut dirujuk ke rumah sakit karena sudah beberapa bulan mengalami penyusutan berat badan yang drastis disertai demam, diare, dan sesak napas.
 
"Anak saya beratnya hanya 7,5 kilogram meski sudah berumur dua tahun dan hingga saat ini belum bisa jalan bahkan duduk. Menurut dokter, anak saya gizi buruk," ujar Hartati Luawo (29), orangtua pasien Putri Ibrahim.
 
Menurut dia, meski mendapat asupan ASI, kondisi anak pertamanya tersebut tak kunjung membaik dan bahkan mengalami penyusutan berat badan.
 
Putri yang saat ini dirawat intensif oleh dokter anak tersebut sejak lahir hingga saat ini  belum bisa berbicara dan hanya bisa menangis meski sudah berusia dua tahun.
 
Sama halnya dengan Putri, balita lainnya, yakni Sultan Tanaijo, yang berusia dua bulan, juga terpaksa dirawat intensif dalam dua puluh hari terakhir karena kondisinya kian memburuk.
 
Putra pasangan Yusna Palawaji (20) dan Alvian Tanaijo (30) tersebut hanya memiliki berat badan 1,5 kilogram dan mengalami infeksi saluran pernapasan.
 
"Awalnya Sultan hanya sesak napas, tapi makin hari tambah kurus dan kepalanya agak membesar," kata Yusna yang mengaku sejak lahir tak pernah memberikan ASI untuk buah hatinya.
 
Ia menambahkan, menurut keterangan dokter, putranya kekurangan cairan sehingga mengakibatkan kepala membesar.
 
Meski termasuk peserta Jaminan Kesehatan Masyarakat (Jamkesmas), orangtua kedua pasien berharap agar pihak rumah sakit memberikan pengobatan maksimal agar kondisi anaknya cepat membaik.


ABD
Sumber : Antara

Tidak ada komentar:

Posting Komentar