20 Januari 2010

Keluarga Purnawirawan Tolak Penggusuran


Laporan wartawan KOMPAS Iwan Santosa
Minggu, 17 Januari 2010

JAKARTA, KOMPAS.com — Ratusan keluarga purnawirawan berkumpul di Kompleks TNI Bulak Rantai, Jakarta Timur, menentang rencana penggusuran warga purnawirawan yang tinggal di perumahan-perumahan milik TNI. Tampak hadir dalam acara itu mantan KSAD Jendral (Purn) TNI Tyasno Sudarto.

Penggusuran ini marak sejak bisnis TNI dihapus.

Koordinator aksi, Prastopo dari Forum Koordinasi Penghuni Perumahan Negara (FKPPN), menyatakan prihatin atas penggusuran dan kekerasan yang menimpa keluarga purnawirawan yang menghuni perumahan-perumahan tersebut.

"Penggusuran ini marak sejak bisnis TNI dihapus dengan alasan tidak ada bisnis TNI dan tidak ada pemasukan sehingga keluarga purnawirawan harus keluar dari rumah yang sebagian sudah ditempati hingga 40 tahun lebih," kata Prastopo di Bulak Rantai, Minggu (17/1/2010).

Akhir bulan ini, tepatnya 25 Januari, rencananya 200-300 keluarga akan digusur dari Kompleks TNI Angkutan Kuda Beban di Cililitan, Jakarta Timur. Penggusuran di kompleks-kompleks TNI yang lain akan menyusul di seluruh Indonesia.

Menyusul terancamnya tempat tinggal para purnawirawan dan keluarganya itu, penghuni kompleks TNI bergabung dalam FKPPN. Saat ini ada 9 provinsi yang bergabung di dalamnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar