31 Maret 2009

DKI Siapkan Relokasi Pasar Burung Barito

DKI Siapkan Relokasi Pasar Burung Barito
Kamis, 5 Maret 2009 | 06:09 WIB

 Jakarta, Kompas - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan merelokasi pasar burung di Jalan Barito, Jakarta Selatan, ke Cibubur, Jakarta Timur. Relokasi itu terkait dengan pencegahan penyebaran virus flu burung dan menciptakan kembali jalur hijau di kawasan itu.

 Wakil Gubernur DKI Jakarta Prijanto, Rabu (4/3) di Jakarta Pusat, mengatakan, pemindahan para pedagang itu sedang dikaji dan akan dilakukan pada tahun ini. Pemindahan serupa akan dilakukan pada Pasar Burung Pramuka di Jakarta Pusat meskipun waktunya belum ditentukan.

 Menurut Prijanto, Pasar Burung Barito berada di sekitar permukiman dan pusat-pusat aktivitas masyarakat. Kondisi itu dapat membahayakan masyarakat jika ada penyebaran virus flu burung.

 Oleh karena itu, kata Prijanto, relokasi adalah pilihan terbaik agar pedagang dapat terus berjualan dan masyarakat terbebas dari ancaman flu burung. Saat ini virus flu burung sudah mengancam sekitar Jakarta setelah ada pasien suspect flu burung yang meninggal di Bekasi.

 Sementara itu, lokasi yang saat ini ditempati oleh para pedagang unggas dan hewan ternak lainnya akan dijadikan tempat pejalan kaki dan jalur hijau. Saat ini tempat pejalan kaki di kawasan itu sangat sedikit karena banyak trotoar yang dijadikan kios.

 Pasar Burung Barito sebelumnya adalah lokasi binaan pedagang kaki lima. Terdapat sekitar 90 pedagang kaki lima di pasar burung itu.

 Agus, salah seorang pedagang di Pasar Burung Barito, menolak rencana relokasi ke Cibubur karena akan menyebabkan dia kehilangan pembeli. Selama ini posisi pasar di Jalan Barito dianggap cukup strategis karena mudah dijangkau oleh pembeli dari berbagai daerah.

 Relokasi pasar unggas dari dalam kota ke arah pinggiran diamanatkan oleh Peraturan Gubernur Nomor 5 Tahun 2007 mengenai Pencegahan Penyebaran Virus Flu Burung.

 Kepala Dinas Kelautan, Perikanan, dan Ketahanan Pangan DKI Jakarta Edy Setiarto mengatakan, di Jakarta terdapat 151 pasar unggas, baik unggas hias maupun unggas ternak. Pasar unggas itu akan direlokasi di tujuh lokasi pinggir kota, yaitu Rawa Kepiting, Cakung, Pulo Gadung, Srengseng, Jagakarsa, Marunda, dan Cilincing. (ECA)

http://cetak.kompas.com/read/xml/2009/03/05/06095663/dki.siapkan.relokasi.pasar.burung.barito

Tidak ada komentar:

Posting Komentar