31 Maret 2009

Terus Bertambah, Pemulangan TKI Asal Sumut

Rabu, 1 April 2009

MEDAN, KOMPAS.com — Hingga Februari 2009 jumlah TKI asal Sumatera Utara yang dipulangkan dari berbagai negara mencapai 2.574 orang dan diduga terus bertambah, khususnya dari Malaysia, menyusul krisis keuangan global. "Dibandingkan posisi sama pada tahun lalu, pemulangan TKI Sumut pada tahun ini bertambah 353 orang," kata Kepala Tata Usaha Balai Pelayanan, Penempatan, dan Perlindungan TKI Sumut Chaidir di Medan, Selasa (31/3).
    
Asumsi akan bertambahnya jumlah pemulangan TKI itu mengacu pada data yang menunjukkan trend naiknya pemulangan TKI itu sejak Januari. Kalau pada Januari pemulangan TKI masih 1,250 orang, pada Februari sudah mencapai 1.324 orang.
    
"Diduga pemulangan bertambah terus karena di Malaysia yang menjadi negara tujuan terbesar TKI Sumut juga diinformasikan masih dilanda krisis sehingga pengurangan pekerja diperkirakan masih terus berlanjut," kata Chaidir. Dia menjelaskan, TKI yang dipulangkan dari Malaysia itu selain terkena PHK, juga karena bermasalah dan kontrak kerjanya habis.



Sumber : Antara

Tidak ada komentar:

Posting Komentar