31 Maret 2009

95 KK Kehilangan Rumah

95 KK Kehilangan Rumah
Dalam Sehari Tiga Kebakaran Terjadi di Jakarta
Minggu, 8 Maret 2009 | 08:32 WIB

Jakarta, Kompas - Lebih dari 577 orang (95 keluarga), warga Pademangan Barat, Jakarta Utara, kehilangan rumah akibat kebakaran pada Sabtu (7/3) pukul 14.45. Api dari hubungan pendek arus listrik di rumah warga itu juga merambat membakar lantai lima dan enam Apartemen Gunung Sahari.

Dalam musibah itu, delapan warga menderita luka ringan dan mendapat rawat jalan di Puskesmas Pademangan Barat. "Api berasal dari hubungan pendek arus listrik di rumah warga. Dalam kejadian itu, delapan warga menderita luka ringan," kata Lurah Pademangan Barat Purnomo, Sabtu petang.

Sudi Haryanto, warga, mengatakan, api pertama kali muncul sekitar 14.30. Saat itu hari panas terik sehingga dengan cepat api melalap kawasan permukiman padat di RT 16 dan RT 17, RW 07, Pademangan Barat. Sekitar 26 mobil pemadam kebakaran datang ke lokasi dan api baru dikuasai pada pukul 16.55.

Pemerintah Kota Jakarta Utara sudah mendirikan tenda penampungan bagi warga korban kebakaran di dalam kompleks rumah toko Permata Ancol. Lokasi kebakaran tidak jauh dari kantor Camat dan Polsek Metro Pademangan.

Satu buah tenda dan 600 bungkus nasi siap saji diberikan Palang Merah Indonesia (PMI) Jakarta Utara. "Kami juga akan mulai memberikan pengobatan hari Minggu," kata Kepala Markas PMI Jakut Dasril.

Bus terbakar

Selain itu, Dinas Pemadam Kebakaran Pemprov DKI melaporkan, sebuah bus terbakar habis di kawasan Cawang, Jakarta Timur, sekitar pukul 06.45. Sekitar pukul 14.00 kebakaran terjadi di Salemba, Jakarta Pusat.

Berdasarkan data dari Traffic Management Center Polda Metro Jaya, bus yang terbakar Sabtu pagi adalah bus Mayasaribakti. Api berasal dari bagian belakang bus, kemungkinan dari radiator, yang kemudian menyebar ke mesin dan badan bus. Namun, para penumpang segera dievakuasi ke bus lain.

Sementara itu, Sabtu sekitar pukul 14.00 hingga 15.00, asap tebal tampak membubung dan menjalar dari lantai dua hingga ke lantai tujuh Kampus D Universitas Persada Indonesia-Yayasan Administrasi Indonesia (UPI-YAI), Jalan Diponegoro, Salemba, Jakarta Pusat.

Para mahasiswa dilanda kepanikan dan berhamburan ke luar kompleks kampus. Sebagian mahasiswa bergabung bersama para pedagang kaki lima dan warga yang kebetulan melintas memenuhi badan Jalan Diponegoro, Salemba. Lalu lintas pun macet selama hampir satu jam.

"Kami kerahkan 17 mobil pemadam kebakaran dan kurang dari setengah jam, api dapat dipadamkan. Tidak ada korban jiwa dan luka. Asal api dari ruang pantry atau dapur. Namun, penyebab kebakaran belum bisa dipastikan, mungkin karena terjadi hubungan pendek arus listrik," kata Kepala Suku Dinas Pemadam Kebakaran Jakarta Pusat Susilo Budhi. (CAL/NEL/ONG)

http://cetak.kompas.com/read/xml/2009/03/08/08323158/95.kk.kehilangan.rumah....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar