31 Maret 2009

Pasar Senen Terbakar

Pasar Senen Terbakar
Selasa, 24 Maret 2009 | 06:04 WIB

Jakarta, Kompas - Musibah kebakaran lagi-lagi terjadi di Jakarta. Senin (23/3) sekitar pukul 00.30, api tiba-tiba muncul dan membakar tujuh kios di Los E Blok VI Pasar Senen, Jakarta Pusat. Kios-kios tersebut berada di lantai dasar dan sebagian di antaranya adalah toko berbagai jenis buku.

"Tidak pasti penyebabnya, tetapi mungkin dari colokan atau alat-alat listrik karena kalau dari kompor sepertinya di sini tidak ada yang pakai. Hanya ada toko buku, toko tas, juga salon," kata Purwo, salah seorang pengelola toko di Los E yang lolos dari serbuan api, Senin.

Menurut Edi, salah seorang penjaga kios yang sering berjaga di Pasar Senen hingga tengah malam, Senin dini hari kemarin terlihat asap tebal mengepul di sekitar Los E. Sebanyak 24 mobil pemadam kebakaran dari Suku Dinas Pemadam Kebakaran Jakarta Pusat segera berdatangan sesaat setelah mendapat laporan terjadinya kebakaran.

Kepala Suku Dinas Pemadam Kebakaran Jakarta Pusat Susilo Budhi mengatakan, api baru dapat dipadamkan pukul 03.15.

Senin siang kemarin, aktivitas pedagang di Pasar Senen yang total memiliki 2.236 kios ini berlangsung normal meskipun aliran listrik dari PLN memang sengaja diputus pada saat kebakaran dan setelah musibah. Namun, Manajer Area 02 Pasar Senen Ivo Edwin Aryanto mengatakan, PD Pasar Jaya telah menyediakan generator set pembangkit listrik untuk menghidupkan lampu penerangan di lokasi terbakar dan sekitarnya.

Di Bekasi

 

Belasan unit rumah dan toko (ruko) di kawasan industri MM2100, Cikarang Barat, Kabupaten Bekasi, Senin dini hari, juga dilalap api. Kebakaran itu mengenai sebuah diskotek, yang berada dalam kompleks ruko tersebut, sehingga pengunjung diskotek berlarian ke luar.

Api dapat dipadamkan setelah petugas dinas pemadam kebakaran setempat berjuang selama lebih dari tiga jam. Polisi setempat sudah memeriksa lima saksi terkait peristiwa kebakaran tersebut. (NEL/COK)

http://cetak.kompas.com/read/xml/2009/03/24/06044919/pasar.senen.terbakar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar