30 Maret 2009

Satpol PP Diharap Perbaiki Citra

Satpol PP Diharap Perbaiki Citra
KOMPAS/BONI DWI PRAMUDYANTO

MENJELANG Pemilu, suasana seperti ini diharapkan tidak terjadi. Demikian pesan Mendagri Mardiyanto kepada Satpol PP seluruh Indonesia, Senin (30/3).

Sriwijaya Post - Senin, 30 Maret 2009 12:45 WIB

JAKARTA, SENIN — Petugas Satuan Polisi Pamong Praja se-Indonesia diminta membuat citra Satpol PP semakin baik di masyarakat dengan menunjukkan kinerja yang baik. Penegakan peraturan daerah juga harus menjaga harkat dan martabat manusia, serta tidak mendegradasikan masyarakat sebagai obyek penegakan hukum, melainkan sebagai subyek.

"Kalau masyarakat diajak bicara dan diberi pemahaman serta diajak berkontribusi dalam penerbitan perda, insya Allah perda bisa diimplementasikan dengan baik," kata Menteri Dalam Negeri Mardiyanto dalam sambutan pembukaan Rapat Koordinasi Nasional Satuan Polisi Pamong Praja dalam Rangka Kesiapsiagaan Pemilu 2009 di Jakarta, Senin (30/3).

Menjelang pemilu saat suhu politik semakin panas dan kemungkinan konflik mulai muncul, Satpol PP harus bersiaga untuk mendeteksi dini kemungkinan kerawanan yang ada, tetapi menghindari benturan fisik dengan masyarakat. Respons terhadap emosi masyarakat juga diharapkan tetap memerhatikan hak asasi manusia.

Pendekatan dengan operasi simpatik diminta lebih diutamakan untuk mendukung suasana kondusif dan tidak memancing situasi yang kontraproduktif. Mendagri juga meminta Satpol PP untuk senantiasa berkoordinasi dan bersinergi dengan aparatur terkait, terutama Polri, untuk menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat.

Sebab, berapa pun polisi yang ada, jumlah itu akan selalu jauh lebih sedikit ketimbang masyarakat yang harus dilayani.


http://sripoku.com/view/9117/Satpol-PP-Diharap-Perbaiki-Citra.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar