29 Maret 2009

Baru Seperempat Jumlah TKI Masuk Daftar Pemilih

Minggu, 29 Maret 2009


TEMPO Interaktif, Cilacap: Jumlah tenaga kerja Indonesia sekitar 6 juta di luar negeri, baru seperempat atau sekitar 1,4 juta yang  terdaftar dalam daftar pemilih tetap (DPT) Pemilu 2009. Departemen Tenaga Kerja dan Transmigrasi  berupaya sisa yang belum masuk daftar segera terakomodasi.


Caranya, Erman dalam waktu dekat akan keliling negara di Timur Tengah, tempat para TKI berkerja, untuk membantu mereka masuk daftar pemilih.  "Ini terkait pemenuhan hak politik mereka," ujar  Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Erman Suparno, usai menghadiri doa bersama di Desa Sidaurip, Kecamatan Binangun, Cilacap, Ahad (29/3).


Menurut  Erman, kendala besar partisipasi TKI dalam pemilu lantaran jauhnya jarak antara satu TKI dengan TKI lainnya. "Selain itu, pemahaman dan kesadaran politik TKI masih kurang," katanya. Sosialisasi pemilu kepada  TKI  dilakukan oleh konsulat dan atase di masing-masing megara.


Departemen, kata dia,  juga  melakukan rapat dengan para Duta Besar Indonesia di luar negeri untuk memfasilitasi TKI dalam pemilu. "Mudah-mudahan dengan kegiatan ini  DPT bisa bertambah," ujarnya. Ia tak mentargetkan berapa tambahan TKI yang bisa masuk dalam DPT atau mengikuti pemilu. "Yang penting pemerintah telah menjalankan fungsinya secara maksimal," kata Erman.

ARIS ANDRIANTO

Tidak ada komentar:

Posting Komentar