29 Maret 2009

2 Juta Anak Bangladesh kurang Gizi Akut

Senin, 30 Maret 2009 | 9:41 WIB | Kategori: Asia, Berita Terkini | ShareThis

Dhaka | SURYA - Sebanyak dua juta anak yang berusia antara 6 bulan dan lima tahun di Bangladesh menderita kekurangan gizi yang akut, demikian laporan yang dikeluarkan oleh PBB pada hari Ahad (29/3).


Menurut laporan tersebut, anak dan anggota keluarga yang kekurangan gizi adalah persoalan besar yang tengah dihadapi oleh Bangladesh.

Tiap satu dari empat rumah tangga di Bangladesh mengalami kekurangan pangan dan dari dua juta anak yang kekurangan gizi terdapat setengah juta yang menderita malnutrisi akut, seperti dilaporkan olh WFP, UNICEF, dan Institut Kesehatan Nutrisi Publik.

"Kondisi anak yang kekurangan gizi di negeri ini adalah kondisi darurat yang membungkam," kata Ketua Perwakilan UNICEF Carel de Rooy dalam peluncuran laporan tersebut.

Menurut survei, 58 persen rumah tangga mengaku sulit mendapatkan makanan yang cukup sepanjang tahun 2008 akibat kenaikan harga bahan pangan.

"Bahkan bila harga makanan sekarang sudah turun, krisis tetap saja jauh dari berakhir," kata John Aylieff, Perwakilan WFP di Bangladesh.

"Proporsi pendapatan rumah tangga yang dihabiskan untuk membeli makanan sekarang sudah lebih tinggi daripada pada tahun 2005, dan dampak dari krisis finansial global terhadap orang miskin akan sangat serius," tambahnya.

Sekitar separuh dari total penduduk 140 juta warga Bangladesh hidup dengan pendapatan kurang dari 1 dolar Amerika per hari, demikian dilaporkan pemerintah setempat./ant


http://www.surya.co.id/2009/03/30/2-juta-anak-bangladesh-kurang-gizi-akut/




Tidak ada komentar:

Posting Komentar