31 Maret 2010

Pemkot Segera Tertibkan PKL Bermobil

Solo, CyberNews.

Pemkot Surakarta segera menertibkan para pedagang kaki lima (PKL) yang menggunakan mobil. Pasalnya, keberadaan mereka dianggap tidak sesuai dengan tata ruang Kota Bengawan. Penertiban terhadap para PKL akan dilakukan sejumlah instansi terkait seperti Dinas Pengelola Pasar (DPP), Dinas Perhubungan (Dishub), dan Kantor Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP).
Kepala Dinas Pengelola Pasar, Subagiyo menganggap keberadaan para PKL bermobil ini mengganggu dinamika perdagangan di pasar. "Seharusnya kan semua kegiatan dilakukan di dalam pasar. Mereka sudah memotong jalur distribusi dan tidak memberikan kenyamanan bagi para konsumen karena semua transaksi dilakukan di pinggir jalan," kata dia pada Suara Merdeka CyberNews.

Menurutnya para pelaku usaha tersebut telah mengubah fungsi dari alat transportasi yang digunakannya. Selain itu dari sisi retribusi pun mereka hanya memberikan kontribusi melalui pembayaran uang parkir. "Sama juga mereka mengkamuflasekan lahan parkir. Kami tidak memungut retribusi dari mereka," imbuhnya.
Penertiban para PKL, lanjutnya, perlu dilakukan agar dikemudian hari jumlahnya tidak semakin bertambah. Saat ini dari pendataan yang dilakukan DPP setidaknya sudah ada puluhan PKL bermobil yang tersebar di Kota Solo. Mereka tersebar dengan melakukan usaha menjual produk sandang dan pangan.

"Perkembangan jumlah mereka sampai saat ini cukup pesat terutama sejak tahun lalu. Kalau tidak ditata akan semakin sulit nantinya," tegas mantan Kepala Kantor Satpol PP ini.
( Gading Persada / CN14 )

1 komentar: