05 November 2009

Warga Miskin di Kabupaten Gorontalo 20.548 Jiwa


Kamis, 05 November 2009

GORONTALO--MI: Meski terus turun, jumlah warga miskin di Kabupaten Gorontalo sebanyak 20.548 jiwa, sehingga daerah tersebut masih menjadi daerah yang memiliki jumlah warga miskin terbesar di Provinsi Gorontalo.

Asisten Pemberdayaan Masyarakat Pemerintah Kabupaten Gorontalo, Yusuf Hida mengatakan, Kamis, pada 2010 angka tersebut diprediksi bakal menurun mengingat upaya untuk itu terus dilakukan antara lain melaui program bantuan modal usaha kepada masyarakat miskin.

"Kami melakukan sejumlah upaya penurunan angka kemiskinan melalui program bantuan modal usaha, kepada warga miskin," katanya. Ia menjelaskan, program tersebut dinilai paling berhasil secara signifikan dalam menurunkan jumlah warga miskin, dibanding program lainnya.

Dari 40 warga yang diberi bantuan modal, menurut dia, sebanyak 30 diantaranya tak lagi miskin pada tahun berikutnya. "Warga yang tidak miskin lagi akan dicoret, agar bantuan berikutnya disalurkan kepada warga miskin lainnya," ujar Yusuf. Sementara itu, data dari Badan Pusat Statistika Provinsi Gorontalo menunjukkan bahwa angka kemiskinan di provinsi itu justru meningkat pada 2009.

Disebutkan bahwa pada 2008 angka kemiskinan di Provinsi Gorontalo hanya 24,88 persen atau 221.623 jiwa, sedangkan pada 2009 menjadi 25,01 persen atau 224.617 jiwa. Sekretaris Daerah Provinsi Gorontalo, Idris Rahim pada awal pekan ini mengatakan bahwa meski masih terbilang tinggi, namun angka pengangguran di Provinsi Gorontalo terus turun hingga 7,9 persen pada 2009.

Menurut dia, pihaknya akan terus berupaya agar angka penganguran tersebut turun. Salah satu upaya untuk mengurangi jumlah pengangguran itu yakni melalui penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) yang saat ini sedang digelar. Pada tahun ini, Pemprov Gorontalo mendapatkan formasi dari Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Badan Kepegawaian Nasional sebanyak 253 formasi jabatan. (Ant/OL-04)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar