05 November 2009

Menkes: RS Jangan Bedakan Pelayanan Pasien Miskin

beritasore.com
Rab, Nov 4, 2009

Nasional

Banjarmasin ( Berita ) :  Menteri Kesehatan (Menkes) Endang Rahayu Sedyaningsih meminta agar seluruh rumah sakit (RS) di Indonesia tidak membedakan pelayanan terhadap pasien miskin dengan pasien dari keluarga mampu.

"Saya minta saat pasien masuk rumah sakit untuk dirawat jangan dulu ditanya masalah lain apalagi masalah biaya," kata Menkes pada acara Kongres Asosiasi Dinas Kesehatan Seluruh Indonesia di Banjarmasin, Rabu [04/11] .

Menurut dia, yang membedakan pasien yang datang dengan jaminan kesehatan masyarakat (Jamkesmas) yang diperuntukkan bagi warga miskin hanyalah kelas dan biaya untuk  kamar di rumah sakit.

Tetapi, kata dia, untuk pelayanan tidak ada perbedaan, setiap pasien berhak mendapatkan pelayanan yang sama. "Jangan sampai pelayanan pasien kamar kelas tiga yang notabene pasien Jamkesmas dibedakan dengan pasien yang dirawat pada kelas satu dan lainnya," katanya.

Menurut dia, pasien gawat darurat yang harus ditangani dalam waktu 10 menit pertama harus ditangani tanpa membedakan dari golongan atau kalangan manapun. Karena pertolongan pada sepuluh menit pertama, kata dia, menjadi salah satu penentu keselamatan pasien yang sedang dalam kondisi gawat darurat.

Sebagaimana diketahui, saat ini banyak keluhan dari masyarakat bahwa rumah sakit kurang bersedia melayani pasien yang tidak membawa jaminan uang dan lainnya pada saat masuk rumah sakit.

Akibatnya, tidak jarang pasien meninggal dunia dalam ruang gawat darurat karena terlambat ditangani oleh tim kesehatan dengan alasan tidak ada jaminan dari keluarga.

Menkes berharap ke depan seluruh petugas kesehatan mampu memberikan pelayanan kepada masyarakat dengan perasaan empati yaitu ikut merasakan apa yang dirasakan pasien. "Setiap pasien yang masuk rumah sakit dalam kondisi kesusahan, untuk itu ikutlah merasakan apa yang mereka rasakan dan segera dilakukan pertolongan, jangan ditanya masalah uang dan lainnya," katanya.

Kedatangan Menkes ke Banjarmasin merupakan kunjungan pertama Endang ke luar daerah setelah dilantik menjadi menteri oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Ke depan, kata dia, seluruh petugas kesehatan baik itu perawat bidan, dokter dan lainnya secara bertahap profesionalismenya harus terus diperbaharui dan ditingkatkan, baik melalui sertifikasi maupun lainnya. Pada kesempatan tersebut Menkes juga menyampaikan program 100 hari pertama di antaranya peningkatan pembiayaan kesehatan untuk memberikan jaminan kesehatan.

Selanjutnya, peningkatan kesehatan masyarakat mempercepat pencapaian target Tujuan Pembangunan Milenium (MDGs) pengendalian penyakit dan penanggulangan masalah kesehatan akibat bencana.

Selain itu, peningkatan ketersediaan, pemerataan dan kualitas tenaga kesehatan terutama di daerah terpencil dan tertinggal, perbatasan dan kepulauan (DTPK).  ( ant )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar